15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Bubur Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Sedap Nikmat

bubur sup ayam yang di beberapa tempat sangat banyak peminatnya. Ada juga bubur sumsum dan banyak lagi. Namun kali ini kami akan membagikan resep bubur yang agak berbeda dari kebanyakan bubur yaitu resep bubur tumpang. Agak gila ya mendengar nama ini? Ya alasannya ialah bubur tumpang atau lebih tepatnya disebut bubur sambel tumpang ini umumnya banyak dijual di tempat Jawa Tengah. Buurnya biasa terbuat dari nasi, namun pelengkapnya memakai sambal tumpang yang dibentuk dari materi tempe semangit.

Nah yang jadi pertanyaan kini ialah apa itu tempe semangit? Jenis tempe macam apa yang bisa disebut tempe semangit? Tempe semangit itu ialah tempe kedelai biasa yang sudah kadaluarsa, atau istilahnya sudah lewat masa fermentasinya atau sudah melewati masa anggun untuk dikonsumsi. Jika di Jawa tempe semacam ini disebut tempe basi atau tempe bosok. Namun jangan salah justru tempe yang begini ialah materi utama untuk menciptakan sambel tumpang. Jangan salah menilai bahwa tempe semangit itu tidak baik dikonsumsi atau tidak enak, jikalau ada yang bilang demikian jangan salahkan artikel aku kalau anda ketagihan sehabis mencobanya. Saya sendiri pernah menciptakan sambal tempe semangit dan nikmatnya bikin pengen nambah. Ada sensasi tersendiri dari aroma tempe semangit yang begitu tercium bisa menambah selera makan, kalau yang ini menurut pengalaman saja.

Nah untuk menciptakan bubur sambel tumpang tidaklah sulit, sama ibarat menciptakan bubur yang lain, baik bumbu-bumbu maupun materi yang digunakan. Yang membedakan disini ialah sambel tumpang itu sendiri. Ada cara khusus menciptakan sambel tumpang namun sangat mudah, nanti akan kami bagikan resep lengkapnya cara menciptakan sambal tumpang, untuk kali ini hanya cara singkatnya saja. Nah bagi anda yang ingin menciptakan bubur tumpang atau bubur sambal tumpang untuk sajian sarapan anda bisa mencoba resep sederhana yang akan kami sajikan berikut ini, biar membantu.

 Masakan apa yang biasa anda makan untuk sajian sarapan kala ibu Cara Membuat Bubur Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Sedap Nikmat

Bahan-bahan bubur:
  • 250 gram beras
  • 1 sendok makan garam
  • 3 lembar daun salam
  • 1,7 liter air

Bahan sambal tumpang :
  • 150 gram tempe semangit (ditumbuk kasar)
  • 75 gram parutan kelapa
  • 150 santan (dibuat dari 1/4 butir kelapa)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 8 cabe merah keriting
  • 2 cm kencur
  • 1/2 sendok teh terasi matang
  • 1 1/2 sendok teh gula merah (disisir/iris tipis)

Cara membuatnya :
  1. Bubur : Campurkan beras dengan 1 sendok makan garam, daun salam dan 1,7 liter air, masak sampai nasi menjadi bubur yang lembut, segera angkat dan sisihkan.
  2. Sambal tumpang : Campur tempe semangit, parutan kelapa, serta bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, aduk-aduk semua materi yang dicampur sampai merata. Masukkan santan dan masak di atas api sedang, sambil sesekali di aduk sampai tercium aroma harum dan santan mulai mengental, angkat.
  3. Penyajian : Sajikan bubur dengan adonan sambal tumpang dan materi pemanis yang anda suka.

Nah sajian sarapan dengan sajian bubur sambal tumpang sudah akibat kami buatkan untuk anda. Sudah siap untuk mencoba? Menu di atas bisa disajikan untuk empat orang anggota keluarga anda. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.