15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Ayam Bumbu Hijau Khas Manado Ala

Cara Membuat Ayam Bumbu Hijau Khas Manado ala  - Ayam merupakan kuliner kesukaan semua orang, termasuk ayam bumbu hijau khas Manado. Warna hijaunya berasal dari cabai hijau besar dan cabai rawit hijau. Yang berbeda dari ayam bumbu hijau ini yakni tidak di masak dengan cara di goreng maupun di bakar tetapi di masak bersama bumbu – bumbu dan sedikit air. Dengan proses pemasakan menyerupai ini di pastikan airnya akan habis, meresap ke dalam daging ayam dan hilang dikala proses penguapan. 

Tapi itulah namanya yaitu ayam bumbu hijau. Saya memperoleh Resep ini dari salah satu buku resep masakan, alasannya yakni di tempat aku tinggal kini dan tempat asal saya, tidak ada ayam bumbu hijau menyerupai ini. Saya membagikan resep ini alasannya yakni tergolong gampang cara membuatnya dan bumbu – bumbunya memakai materi lokal yang gampang di dapat. Bagi yang ingin tau dan ingin mencoba menciptakan sajian ini, berikut resepnya di bawah ini :

Cara Membuat Ayam Bumbu Hijau Khas Manado ala   Cara Membuat Ayam Bumbu Hijau Khas Manado ala

Bahan

- ½ ekor ayam negeri, potong 4 bagian
- 1 butir jeruk nipis, ambil airnya
- 1 sendok teh garam
- 3 sendok makan minyak untuk menumis
- 2 lembar daun jeruk, iris halus
- 1 lembar daun kunyit, iris halus
- 1 batang serai, iris halus
- 100 ml air
- 1 batang daun bawang, iris tipis
- 1 ikat daun kemangi, ambil daunnya.

Haluskan

- 3 siung bawang putih
- 4 butir bawang merah
- 5 buah cabai hijau besar
- 6 buah cabai rawit hijau
- 1 cm jahe
- 1 cm kunyit
- 3 butir kemiri
- 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ayam Bumbu Hijau Khas Manado 

  • Pertama, Lumuri ayam dengan air jeruk dan garam. Biarkan selama 15 menit. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun kunyit dan serai sampai tercium aroma harum.
  • Masukan daging ayam, air dan daun bawang, tutup rapat wajan, kemudian masak ayam diatas api kecil sampai empuk. Terakhir, beri daun kemangi diatasnya, masak sebentar. Lalu matikan api. Angkat kemudian sajikan.