RESEP KETAN SERUNDENG KHAS BETAWI

Resep Ketan Serundeng Merupakan Kue Jadul Masakan Tradisional Indonesia Khas Betawi.
RESEP KETAN SERUNDENG KHAS BETAWI | Ketan Serundung merupakan Resep Jadul Tradisional Khas Betawi yang dulu banyak kita jumpai. Mungkin sekarang kita sulit menemukan penjual keliling atau di pasar yang masih menjual Ketan Serundeng. Saya masih ingat ketika waktu kecil, ibu suka membelikan saya makanan kue ketan serundeng setiap pulang belanja di pasar Klender Jakarta Timur. Sekarang saya tidak tahu lagi apakah masih ada yang menjualnya lagi atau tidak. 
RESEP KETAN SERUNDENG KHAS BETAWI

Seakan ingin bernostagia dengan makanan tempo doeloe, saya mencoba googling Resep Masakan Tradisional Ketan Serundeng di Internet lalu kemudian mempraktikkannya. Di antara beberapa resep yang saya temukan tidak ada kesamaan bahan-bahan yang digunakan kemudian saya mencoba melengkapi bahan dari resep satu ke resep lainnya sambil bertanya kepada Ibu saya. Selain bahan-bahan komposisi bahan juga ada yang tidak sesuai seperti jumlah gula merah yang digunakan dan gula pasir, sehingga pernah saya mempraktikkan satu resep tapi kurang gula merah sehingga serundengnya kurang berwarna dan putih pucat karena komposisi gula pasir yang terlalu banyak. 

Setelah 3 kali mempraktikkan Resep Tradisional Ketan Serundeng, Alhamdulillah saya menemukan bahan-bahan dan komposisi yang tepat sehingga ketan serundeng yang saya buat rasanya sesuai dengan keinginan saya, wah jadi ingat masa kecil dulu. Nah bagaimana dengan Anda, mau coba resep yang saya hasilkan?. Semoga berhasil ya. 

Bahan - Bahan Ketan Serundeng. 

  • #500 gram Beras Ketan putih, direndam 30 menit.
  • #200 ml     Santan
  • 3 cm kunyit yang dihaluskan kemudian disaring dan diambil airnya
  • #1 sendok teh     Garam 
  • #1 buah Kelapa Parut
  • #4 buah Cabai (Cabe) Merah
  • #3 siung Bawang Merah
  • #2 siung Bawang Putih
  • #1 Sdm Minyak Goreng
  • #3 Sdm Gula Merah disisir
  • #3 Sdm Gula Pasir
  • #1 btng Serei ikat dan digeprek 
  • #2 cm lengkuas digeprek.

Cara Membuat Resep Ketan Serundeng Tradisional Betawi.

  1. Siapkan panci masaklah santan, air kunyit dan garam sampai mendidih kemudian masukkan beras ketan yang telah direndam. Masak dan aduk rata sampai santan dan kunyit meresap dan ketan dibuat aron. 
  2. Jika santan sudah meresap, masukkan ketan aron ke dalam panci kukus lalu masaklah sampai matang.
    RESEP KETAN SERUNDENG KHAS BETAWI
    Ketan yang telah matang
  3. Untuk membuat serundung : Haluskan bumbu seperti : Bawang Putih, Bawang Merah serta cabe. Tumislah bumbu halus dan batang sereh, lengkuas dengan minyak goreng lalu masukkan kepala parut, gula merah dan gula putih. Masak dan aduk aduk agar bumbu halus, gula merah dan gula putih bercampur rata dengan parutan kelapa sampai matang.
    RESEP KETAN SERUNDENG KHAS BETAWI
    Memasak Kelapa Serundeng
  4. Untuk penyajian : Anda dapat membentuk ketan yang telah dimasak tadi sesuai dengan selera anda lalu beri dan bubuhi kelapa serundeng di atasnya.
 Selesai deh, Resep Tradisional Ketan Serundeng Khas Betawi, tidak lama dan mudah membuatnya. Anda dapat bernostagia bersama keluarga sambil mengingat masa lalu dengan jajanan Resep Tradisional Indonesia. Baca Juga Artikel kami, Resep Bubur Ayam Khas Palembang.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.