15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Tips Infinit Menyimpan Santan Kelapa

Apakah bunda sekalian punya pengalaman perihal santan kelapa ??
Masakan Indonesia sangat identik sekali dengan kuliner yang bersantan ya bund...
Dengan rasa gurih apalagi jikalau ditambah dengan rempah-rempah, ibarat kuliner Rendang, Opor,
dan lain-lain.
Nah, tidak terkecuali dirumah aku bunda.. Suami suka sekali dengan Sayur daun ubi / singkong di santan, celimpungan ( cemilan kota palembang nih bund ), Lontong sayur. 
Pokoknya masih banyak lagi deh bunda favoritnya :)
Makanya aku sangat sering punya stok kelapa parut di kulkas bab chiller nya.
 Tetapi jikalau kelapa parut punya batas usang penyimpanannya ya bund... jikalau pengalaman aku sih, jikalau taruh di chiller paling tahan 2- 3 hari eksklusif harus diolah.
Pernah satu waktu aku mau simpan kelapa parutnya tapi aku jadiin santan dulu,saya masak sambil terus diaduk supaya gak pecah, aku kasih garam sejumput ( seujung jari / setengah sendok teh ).
Setelah mendidih eksklusif aku angkat, dinginkan terus aku taruh di wadah plastik BPA free ya bund...
aku masukkin ke kulkas ( sambil berharap 1 ahad kedepan nih santan masih dapat diolah ).


Alhamdulillah, ternyata santan yang aku olah dapat tahan / abadi dan gak bau sehabis 1 ahad lalu bahkan lebih bund..
Malah terkadang santan nya sengaja aku bikin agak banyak terus aku masak pake metode yang tadi,
tapi sehabis masak aku masukin di wadah-wadah terpisah untuk 1 kali pemakaian, sisanya aku bekukan di freezer ( jikalau mau masak santan bekunya tinggal dicairkan lagi ).
Tetep masih judulnya ingin tau jikalau gak cari tau pernah ada gak chef-chef dapur rumahan lainnya yang 
pake metode ini juga, aku searching lagi nih bund di Goggle ( tempat menimba ilmu yang paling gampang nih bund hehehehe :D ).
Nah tertangkap tangan deh, usut punya usut ternyata memang metode kayak gini bund dapat bikin santan awet. 
Banyak juga chef-chef nya Goggle :D pake cara yang ini.
Monggo di tiru ya bund... agar gak repot jikalau para suami nya ada yang doyan banget sama kuliner yang bersantan, tapi inget bund... jangan berlebihan ya ntar nambah kolesterol lagi :D
Masakan yang enak, murah dan yummy memang kuliner rumahan...
Selamat Bereksperimen di dapur kecilnya ya bund :D