15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Wajik Ketan Special

Resep Wajik Ketan Special, halo selamat malam bunda kali ini aku akan kembali membagi resep keluarga kepada bunda kali ini aku akan membagikan Resep kuliner Tradisional adalah wajik ketan . perlu bunda ketahui ada beberapa varian kuliner ini diantaranya wajik nangka, wajik hijau, wajik pandan, wajik duren dan masih banyak lainnya, seiring bermunculannya kuliner modern yang masuk ke indonesia menciptakan sajian olahan dari wajik ini mulai menghilang bahkan di lupakan. tetapi sebagai orang indonesia kita berkewajiban mengenalkan resep ini kepada anak anak kita. walaupun menciptakan wajik membutuhkan waktu yang usang dalam proses pembuatannya tapi materi pembuatannya sangat sederhana lo bund, ga ribet deh cari materi bahannya
.


Kue wajik mungkin sudah sulit mencarinya di pasar dan sulit untuk mengenalkannya kepada anak anak kita ya bund, seiring perkembangan jam kuliner ringan manis wajik pun muncul dengan rasa rasa gres yang tentunya lebih menarik dan kaya akan rasa dan warna,  tapi kali ini aku akan memberi resep wajik mengunakan gula merah, dan kedepannya semoga bunda berkresasi sendiri.

Meskipun membikin wajik itu sederhan bunda tetap harus memperhatikan beberapa hal supaya jadinya tepat dan enak. misalnya saja, bunda leibih baik mengunakan santan orisinil jangan mengunakan santan instan supaya jadinya lebih legit. serta bunda harus tepung beras yang masih elok dan tidak berbau apek, nah kini kita persiapkan materi bahannya.


  1. Beras Ketan 500 Gram  .
  2. Santan 700 gram .
  3. Gula pasir 100 Gram .
  4. Gula merah / gula jawa 200 gram , iris tipis tipis 
  5. Daun Pandan 4 lembar .
  6. Daun pisang secukunya untuk ganjal kuliner ringan manis wajik yang sudah jadi
  7. Minyak goreng untuk mengolesi loyang
CARA MEMBUAT WAJIK  KETAN

  • Siapkan kukusan api sedang dan beri air secukupnya , kemudian masukan beras ketan yang sudah di basuh higienis , kukus kurang lebih 30 menit .
  • Ambil panci untuk merebus beras ketan yang simpulan di kukus .
  • Masukan santan dan gula pasir nya sambil sesekali di aduk aduk hingga merata .
  • Masukan gula merah yang sudah diiris tipis sambil terus diaduk aduk .
  • Masukan daun pandan ,
  • Masukan santan yang sudah di siapkan tadi .
  • Tunggu kira kira 20 menit hingga campuran mengeras ,
  • Siapkan daun yang sudah disiapkan untuk tempatnya .
Sedikit tips ya bund, kalu bunda mau mengiris iris kuliner ringan manis ketan yang sudah jadi lebih baik bunda menunggu hingga cuek dan sebaiknya pisau yang dipakai sudah diolesi sedikit minyak semoga tidak lengket dikala di masak. simple bukan bunda cara membuatnya ada lagi lo resep yang lainnya yang niscaya tidak kalah enak, ini beliau salah satunya Resep Donat Istimewa