15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Wajik Gula Merah

 Makanan tradisional sering kurang dikenal oleh usia anak muda Resep Wajik Gula Merah

Resep Wajik Gula Merah - Makanan tradisional sering kurang dikenal oleh usia anak muda. Memang kurang populer juga sih di media. Cuma kadang aja di beritakan atau ditulis di media perihal wajik ini. Tapi sekali mereka menikmati wajik gula merah dijamin bakalan mau menikmati lagi nantinya. Sebab rasanya lezat dan menarik hati selera. Berbahan utamanya dari beras ketan dikombinasikan materi alami lainnya. Pembuatan wajik ini cukup gampang saja. Penasaran? Baik, eksklusif aja kita lihat Resep Wajik Gula Merah, berikut ini :

Bahan-bahannya :

  • 100 gr gula merah
  • 175 gr beras ketan, rendam 1 jam
  • 100 cc santan kental dari 1/2 butir kelapa
  • 3 lbr daun jeruk purut
  • 2 lbr daun pandan
  • 150 cc air mendidih
  • 1/2 sdt garam


Cara Membuat Wajik Gula Merah :

  1. Cucilah ketan dengan higienis dan rendam selama sekitar 1 jam. Terus kukuslah 1/4 jam, angkatlah.
  2. Lalu seramlah ketan dengan air 150 cc hingga keket, lalu kukus kembali selama 22 menit.
  3. Berikutnya masak santan, garam, daun pandan, gula merah, serta daun jeruk purut hingga benar mendidih. Lalu ketan yang sudah matang masukkanlah. Terus diaduk-aduk hingga kental adonannya. Angkat, tunggu hingga menjadi dingin. Bila sudah masbodoh taruhlah di loyang, lantas potong berbentuk jajaran genjang, boleh juga dengan bentuk lainnya menyerupai segitiga semisal.
  4. Siap untuk dihidangkan kini.


Dari materi di atas kira-kira akan diperoleh 20 potong wajik. Sajian Istimewa dari masakan ringan anggun tradisional ini jadi istimewa, deh. Bila di rumah dihadirkan aku yakin keluarga jadi suka sekali. Pada program yang dihadiri banyak orang pun cocok untuk dihidangkan. Maka, yuk cobain aja Resep Wajik Gula Merah.