15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Nugget Ikan Gurame Nikmat Dan Gurih

Menu Internasional - Sudah pernah menikmati nugget kan? Ya nugget memang sudah sangat terkenal, salah satu nugget yang  kini sedang berkembang pesat ialah chicken nugget atau nugget ayam. Namun pada kesempatan ini aku akana membagikan resep nugget gurami yang tak kalah nikmat dari nugget ayam. Memang nugget awalnya ialah olahan kuliner dari daging, dan yang paling terkenal ialah nugget ayam. Awalnya nugget ini memakai materi dasar daging ayam fillet, kemudian diolah dengan cara tertentu sampai menghasilkan nugget ayam yang lembut dan nikmat. Nugget ayam atau chicken nugget belakangan menjadi kuliner yang berkembang pesat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri nugget ayam sudah dikenal banyak orang beberapa tahun belakangan ini dan semankin terkenal di kalangan masyarakat.

Indonesia ialah nirwana bagi para pemburu kuliner, banyak sekali kuliner hasil modifikasi dari kuliner aslinya. Contoh yang paling akrab dari jenis nugget yang ada ialah nugget tempe yang sekarang sudah mulai terkenal juga di masyarakat. Selain nugget tempe di Indonesia juga dikenal jenis nugget lain yaitu nugget tahu, dan yang akan aku bagikan resepnya kali ini ialah resep nugget gurami. Jika melihat ke belakang, kuliner ini mulai diciptakan dan diperkenalkan pada tahun 1950 oleh C. Baker, seorang profesor jago pangan di Cornell University dan diterbitkan dalam sebuah karya akademis yang tidak dipatenkan.

Semenjak ketika itu kemudian banyak sekali bermunculan nugget dari daging ayam dan banyak sekali olahan daging yang lain. Nugget memang dapat dibentuk dari materi apa saja, bahkan materi pangan tradisional nan murah meriah pun dapat dibentuk menjadi nugget yang tak kalah nikmat dari nugget daging. Nugget tempe dan nugget tahu dapat menjadi alternatif lain bagi anda yang menganut vegetarian.
kini sedang berkembang pesat ialah chicken nugget atau nugget ayam Resep Nugget Ikan Gurame Nikmat dan Gurih

Nah bagi teman yang tertarik untuk menciptakan nugget dari ikan gurami untuk saian makan hari ini, aku akan segera menyebarkan resep sederhana yang simpel anda ikuti di rumah. Resep yang akan aku bagikan kali ini biar dapat menunjukkan pengetahuan dan menambah ilmu memasak anda semua di rumah. Untuk mempersingkat waktu silahkan anda simak resep Istimewa yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram daging gurami
  • 200 gram tepung kanji
  • 1 butir telur (untuk adonan adonan)
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Bubuk merica secukupnya
  • Penyedap rasa (hanya jikalau suka)
  • 150 ml susu cair
  • 1 sendok makan mentega
  • 1 putih telur (untuk melapisi nugget)
  • 150 gram tepung panir (untuk lapisan nugget)
  • Minyak goreng (siapkan minyak yang banyak)

Cara membuatnya :
  1. Campurkan daging gurami, bumbu-bumbu dan sebutir telur ke dalam wadah blender, kemudian haluskan dengan blender tersebut. Campurkan adonan daging gurami yang sudah diblender dengan tepung kanji dan susu cair, kemudian aduk-aduk sampai materi tercampur rata.
  2. Olesi mangkuk tahan panas memakai mentega, kemudian ratakan adonan daging gurami ke dalam mangkuk tersebut, kemudian kukus sampai matang, kemudian angkat dan dinginkan.
  3. Potong hasil kukusan nugget yang sudah matang sesuai dengan selera anda masing-masing, kemudian celupkan ke dalam telur kocok, kemudian lumuri dengan tepung panir. 
  4. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan, kemudian goreng nugget sampai warna menjelma kuning keemasan, kemudian angkat dan tiriskan.
  5. Nugget ikan gurami siap di disajikan dengan saus sambal, atau dipakai sebagai lauk makan.

Nah resep nugget ikan gurami sudah selesai kami buat dan bagikan untuk anda semua. Semua materi yang dipakai untuk menciptakan nugget di atas dapat untuk disajikan bagi empat porsi makan. Sebagai final kata selalu kami ucapkan selamat mencoba dan terus berkreasi.