15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Nasi Lengko Khas Cirebon Sedap Dan Mantap

Menu Internasional - Pernah menikmati makanan nasi lengko? Jika belum pernh segera cicipi biar pernah, rasanya lezat lho. Jika ingin membuatnya sendiri kami akan menunjukkan resep nasi lengko khas Cirebon untuk anda semua. Namun sebelum hingga ke resep nasi lengko sebaiknya anda tau apa nasi lengko dan dari mana asalnya. Nasi lengko gotong royong yaitu makanan khas masyarakat yang ada di sepanjang pantai utara atau pantura. Daerah yang populer dengan nasi lengko antara lain Cirebon, Indramayu, Brebes dan Tegal serta aneka macam kawasan sekitarnya. Makanya jikalau nasi lengko diklaim berasal dari Cirebon saja nanti kawasan lain yang juga mempunyai nasi lengko sebagai makanan khasnya iri. Kaprikornus aku akan menyampaikan bahwa nasi lengko yaitu makanan khas pantura semenjak sekarang.

Saya sendiri pernah dan sangat menggemari nasi lengko ini. Dulu hampir seminggu 3-4 kali menikmati nasi lengko. Bukan di Cirebon atau di Tegal, namun di kota Yogyakarta dan belinya di warung Tegal atau Warteg. Pernah juga ada teman dari Cirebon yang buka warung tenda dan hidangan andalannya yaitu nasi lengko ini. Makanan ini menyerupai dengan pecel atau lotek, namun materi yang digunakan sedikit berbeda. Nasi lengko menyerupai namanya terdiri dari nasi, dilengkapi dengan tahu goreng, tempe goreng, mentimun segar dicacah, taoge direbus serta ditambah dengan daun kucai yang dipotong kecil-kecil. Setelah di tata gres diberi bumbu saus kacang dan dilengkapi kecap manis. Untuk melengkapi sajian nasi lengko taburan bawang goreng dilarang ketinggalan.

Untuk penyajiannya kira-kira demikian, tempe goreng dan tahu goreng sebelum ditata dalam piring biasanya dipotong dadu kecil-kecil. Lalu diletakkan di atas piring berisi nasi, sesudah itu ditambahkan taoge dan mentimun yang dicacah. Di atasnya lagi ditaburi daun kucai. Setelah semua ditata barulah disiram dengan bumbu saus kacang dengan tingkat kepedasan yang diadaptasi selera. Di atas bumbu saus kecap tambahkan kecap anggun dan taburi dengan bawang goreng. Agar lebih nikmat lagi kerupuk jangan hingga tertinggal untuk ditambahkan ya.

Untuk menciptakan nasi lengko bahan-bahannya sudah tentu sangat gampang di sanggup dan murah meriah. Makanan ini jikalau dikasih daun bayam atau kangkung rebus sudah menyerupai dengan pecel atau lotek ya, hanya saja berbeda pada perhiasan kecap manisnya. Bumbu aus kacang yang digunakan menyerupai yang biasa digunakan untuk rujak, kecap manisnya juga biasanya bukan kecap yang kental, namun kecap dipilih yang agak encer. Pengalaman aku pertama menikmati makan nasi lengko yang dibeliin oleh teman aku di warung Tegal di erat bekas terminal Yogyakarta, pribadi ketagihan lho, namun ketika ini aku sudah jarang menikmati dan rasanya kangen jikalau ingat makanan yang satu ini.

Nasi lengko jikalau di Tegal namanya bukan nasi lengko tapi sega lengko, menyesuaikan dengan bahasa lokal Tegal yaitu bahasa ngapak. Baik nasi lengko yang pernah aku makan, baik versi orang Cirebon maupun versi orang Tegal ternyata sama, jadi memang benar jikalau nasi lengko yaitu warisan buaya masakan di sepanjang pantai utara. Bisa dikatakan nasi lengko ini khas Cirebon, khas Indramayu, khas Brebes dan khas Tegal. Semua sah saja asalnya dari mana toh yang aku rasakan baik materi maupun rasanya sama. Untuk anda yang ingin embuat makanan khas Cirebon yang sedang booming akhir-akhir ini, silahkan lihat di resep empal gentong khas Cirebon di situs resep masakan ini.

 Jika belum pernh segera cicipi biar pernah Resep Nasi Lengko Khas Cirebon Sedap dan Mantap

Nah alasannya yaitu materi dan bumbunya sudah sangat biasa digunakan atau digunakan untuk memasak sehari-hari, maka aku yakin anda semua niscaya sanggup membuatnya. Cara menciptakan nasi lengko ini juga sederhana sekali, tidak ribet dan sangat mudah. Waktu untuk membuatnya juga aku rasa tidak terlalu lama, alasannya yaitu bumbu saus kacang sudah siap digunakan. Hanya tinggal merebus dan menggoreng materi isian, di tata dan jadilah nasi lengko. Namun untuk lebih sempurna dalam takarannya diharapkan resep yang pas, untuk itu silahkan saja anda simak resep nasi lengko yang berikut ini. 

Bahan-bahan :
  • 500 gram nasi (hangat lebih baik)
  • 1 buah mentimun (dicacah atau dipotong dadu)
  • 50 gram taoge (direbus)
  • 150 gram tempe (dipotong dadu)
  • 200 gram tahu (dipotong dadu)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 4 tangkai kucai (dicincang halus)
  • Bawang goreng secukupnya
  • Kecap manis
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu saus kacang :
  • 75 gram kacang tanah (digoreng)
  • 5 buah cabe rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/4 sendok teh garam
  • 150 ml santan (direbus)

Cara membuatnya :
  1. Membuat bumbu saus kacang : haluskan semua materi yang digunakan untuk menciptakan bumbu saus kacang, taruh dalam mangkuk kemudian beri santan dan aduk hingga rata kemudian sisihkan dahulu.
  2. Haluskan bawang putih dan garam, kemudian beri air an aduk-aduk hingga merata. Lumuri atau masukkan tempe dan tahu ke dalam adonan bumbu tersebut, diamkan selama lima menit semoga meresap bumbunya.
  3. Panaskan minyak yang sudah disiapkan, kemudian goreng tempe dan tahu yang sudah dibumbui hingga matang, kemudian segera angkat dan tiriskan.
  4. Siapkan piring saji, beri dengan nasi, beri dengan cuilan tempe dan tahu goreng, tambahkan mentimun dan taoge. Kemudian siram adonan materi tersebut dengan bumbu saus kacang, di atasnya taburi dengan rajangan daun kucai, beri kecap anggun secukupnya. Terakhir taburi dengan bawan goreng dan lengkapi dengan kerupuk.

Nah nasi lengko khas Cirebon dan sepanjang jalur pantura sudah selesai aku baika, Bahan dan bumbu tidak ada yang susah dicari bukan? Semua sanggup menciptakan makanan lezat dan sehat, Nasi lengko termasuk makanan yang kaya protein dan serat, alasannya yaitu tidak mengandung unsur hewani. Selamat mencoba dan terus berkreasi.