15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Menciptakan Garbuk Khas Madura

Resep Garbuk Khas Madura – Madura, sebuah kawasan yang sangat populer dengan karapan sapinya. Meskipun demikian, Madura sendiri juga populer dengan kuliner-kuliner khasnya, menyerupai sate ayam ataupun bubur kacang ijo. Makanan-makanan tersebut tentunya sudah usang dibawa para penduduk merantau ke kawasan lainnya, sehingga mungkin Anda sudah pernah mencobanya.

Jika berbicara wacana masakan khas Madura memang tidak hanya dua yang disebutkan itu saja. Banyak sekali jenis, bentuk, rasa, materi pembuat sekaligus proses pengolahannya. Walaupun sederhana, tapi masakan khas mereka mempunyai keistimewaan yang hanya dapat dirasakan penikmatnya secara langsung. Seperti hidangan dari resep garbuk khas Madura ini.
 sebuah kawasan yang sangat populer dengan karapan sapinya Resep Membuat Garbuk Khas Madura
Garbuk Khas Madura 
Garbuk merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Madura. Makanan yang berbahan utama parutan singkong serta sisiran gula merah ini mempunyai penampilan serta warna yang menarik. Dari kejauhan memang menyerupai cake yang telah dipotongi dan diberi topping tertentu. Namun, kalau Anda sudah mencicipi hidangan resep garbuk khas Madura ini niscaya akan ketagihan.

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa keistimewaan rasa yang dihadirkan kuliner tertentu hanya dapat dirasakan oleh penikmatnya. Hal itu berkaitan juga dengan proses pengolahannya yang menarik dan istimewa. Perpaduan materi yang digunakanpun mempengaruhi hidangan tersebut, terutama resep yang dipakai dari waktu ke waktu. Untung saja garbuk tetap mempertahankan resep garbuk khas Madura, sehingga cita rasanya semakin istimewa.

Bila Anda ingin membuatnya, silahkan membaca kelanjutan resep garbuk khas Madura di bawah ini. Proses pengolahannya sangat gampang dan sederhana, bahan-bahan yang dipakai juga tidak membingungkan. Selamat mencoba dan supaya berhasil menghidangkannya!

Bahan:
  • ¾ kg singkong
  • 1 ons gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat:
  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah hidangan garbuk khas Madura
  2. Kemudian kupas singkong yang juga telah ditimbang sesuai takaran, kemudian basuh hingga bersih
  3. Parut singkong tersebut hingga benar-benar halus.
  4. Sisihkan untuk menyisisr gula merah hingga halus pula
  5. Kalau sudah, campurkan parutan singkong dengan garam sembari diaduk rata
  6. Siapkan loyang dengan ukuran 18x18x4 cm yang telah dialasi plastik serta diolesi minyak goreng tipis-tipis
  7. Masukkan gabungan ke dalam loyang tersebut kemudian beri sisiran gula merah di atasnya. Ratakan
  8. Sesudah itu, kukus gabungan garbuk selama kurang lebih 40 menit hingga matang
  9. Angkat dan potong-potong sesuai selera, selanjutnya sajikan di piring saji
  10. Hidangan garbuk khas Madura siap dinikmati
Baca Juga : Resep Membuat Simping Khas Purwakarta
Resep garbuk khas Madura di atas akan menghasilkan 16 potong sajian. Dalam menyajikannya, Anda dapat menambahkan topping lain menyerupai keju tau cokelat parut misalnya. Tambahkan gabungan kalau diperlukan. Lalu selamat mengolahnya dan salam koki! Tunggu resep-resep berikutnya dari kami, ya!