15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Menciptakan Emplod Khas Sumedang

Resep Emplod Khas Sumedang – Sumedang populer dengan tahunya yang sangat gurih, apalagi kalau dicampur dengan udang. Banyak pula yang mengkreasikan tahu Sumedang menjadi hidangan yang berbeda, misalkan dengan rasa keju, rasa pedas dan masih banyak lagi. Di pinggir-pinggir jalan tempat Sumedang maupun kota di Jawa Barat lainnya dapat Anda temukan hidangan tersebut.

Selain itu, ada pula sambal oncom, nasi liwet dan soto bongko yang dapat menghiasi malam hari Anda. Apalagi soto bongko yang lezatnya hingga menciptakan Anda ketagihan. Namun, Anda hanya dapat menemukan hidangan tersebut di Sumedang, Jawa Barat saja. Ada pula jajanan yang dibuat dengan resep emplod khas Sumedang yang seolah-olah endog lowo di Garut.
 Sumedang populer dengan tahunya yang sangat gurih Resep Membuat Emplod Khas Sumedang
 Emplod Khas Sumedang
Kenapa kedua hidangan tersebut dikatakan seolah-olah satu sama lain? Karena emplod dan endog lowo sama-sama berbahan utama singkong yang dihaluskan kemudian dicampur dengan parutan kelapa. Hanya saja, endog lowo dicampuri juga dengan daun bawang, sehingga rasanya lebih gurih. Emplod juga berbentuk bulat, meskipun ada pula yang kotak atau persegi. Kedua hidangan tersebut diolah dengan cara digoreng, sesuai dengan resep emplod khas Sumedang.

Sama saja dengan endog lowo, singkong yang sudah dikukus bersama parutan kelapa kemudian dihaluskan hingga benar-benar halus. Setelah itu, gres dibuat kotak dengan cara meratakannya dalam tampah. Bila kelamaan, Anda dapat mengubah bentuknya dengan yang lain, tapi tetap gunakan resep emplod khas Sumedang sebagai panduannya. Selamat mencoba!

Bahan:

  • 1.000 gram singkong
  • ½ butir kelapa
  • 2 sendok makan garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan dan bumbu sesuai dosis yang telah ditentukan dalam materi di atas
  2. Kedua, ambil singkong dan kupas kulitnya hingga bersih. Cucilah dengan air hingga higienis juga, kemudian tiriskan
  3. Selanjutnya, parut kelapa dan campurkan bersama singkong tadi untuk dikukus hingga matang
  4. Kemudian angkat rebusan kedua materi tersebut dan tumbuk bersama garam hingga benar-benar halus
  5. Setelah itu, siapkan tampah kemudian tata dan ratakan adonan singkong yang sudah dihaluskan dengan ketebalan 2 cm di atasnya
  6. Berikutnya, potong-potong belah ketupat atau sesuai keinginan.
  7. Lalu panaskan minyak untuk menggorengnya hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan
  8. Terakhir, angkat dan tiriskan. Sajikan emplod singkong di piring saji untuk lekas dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Sate Sapi Ungaran Khas Semarang
Resep emplod khas Sumedang di atas akan menghasilkan 15 potong hidangan. Anda juga dapat membentuknya menjadi bundar kecil-kecil atau sesuai selera. Sebab, sudah dikatakan sebelumnya bahwa emplod seolah-olah dengan endog lowo yang ada di Garut. Jadi, bentuk apapun yang Anda pilih, resep emplod khas Sumedang tetap jadi yang nomor satu. Selamat menikmatinya dan salam koki!