15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Masakan Ringan Anggun Mochi Kacang Khas Sukabumi

Menu Internasional - Kali ini kami dengan bahagia hati akan membagikan resep camilan anggun tradisional Nusantara yang sangat populer sampai ketika ini. Resep camilan anggun mochi yaitu pilihan yang baik untuk kesempatan hari yang baik pula. Kue mochi di Indonesia yang paling populer yaitu camilan anggun mochi asal kota Sukabumi. Kue ini mempunyai bentuk bundar kecil dengan tekstur yang lembut dan biasanya berisi campuran kacang, namun ada juga yang tidak diberi isi sama sekali. Selain di Indonesia negara lain yang juga mengenal mochi yaitu Jepang. Kata mochi sendiri berasal dari sebutan mochitsuki atau perayaan tahun gres Jepang, akan tetapi ketika ini camilan anggun mungil ini dapat dinikmati sepanjang tahun di Jepang tanpa harus menunggu tahun baru.

Kue mochi yang ada di Indonesia menyerupai yang dijelaskan di atas mempunyai dua jenis yang berbeda. Satu camilan anggun mochi dengan isi kacang atau campuran kacang basa disebut dengan nama mochi saja. Sedangkan jenis yang kedua yaitu yang tidak diisi sama sekali, camilan anggun ini sering disebut dengan nama kiathong. Salah satu yang menciptakan camilan anggun ini unik dan populer yaitu dibentuk tanpa pewarna dan sekaligus tanpa pengawet. Dengan pembuatan menyerupai itu kelebihannya yaitu kondusif di konsumsi, kelemahannya yaitu camilan anggun tidak dapat bertahan dalam waktu lama. Untuk resep camilan anggun mochi yang lain kunjungi resep camilan anggun mochi kacang wijen.

Kaprikornus yang paling penting untuk diperhatikan yaitu buatlah camilan anggun mochi sesuai kebutuhan, sehingga tidak sia-sia apabila tersisa dalam jumlah banyak. Satu lagi yang juga penting yaitu apabila anda berhasil kirimi saya kesudahannya :). Untuk itu yuk kita lihat resep berikut ini. 

 Kali ini kami dengan bahagia hati akan membagikan resep camilan anggun tradisional Nusantara yang san Resep Cara Membuat Kue Mochi Kacang Khas Sukabumi

Bahan-bahan :
  • 400 gram tepung ketan
  • 550 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 150 ml snatan kelapa kental
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram enting (gula kacang, haluskan)
  • 100 gram tepung kanji (disangrai)

Cara membuatnya :
  1. Campurkan tepung ketan dan setengah bab air yang disiapkan, lakukan sambil di uleni sampai campuran menjadi kalus. Kemudian bungkus campuran tadi memakai kain yang higienis dan peras campuran sampai kering. Tuangi lagi memakai sisa air dan lakukan hal yang sama menyerupai sebelumnya. Jangan buang air perasan, takar sisa perasan sebanyak 150 ml, kemudian sisihkan.
  2. Didihkan santan bersama dengan gula pasir dan air sisa perasan tepung ketan. Jika sudah mendidih angkat dan biarkan menjadi hangat. Kemudian tuangkan santan hangat bertahap ke dalam campuran ketan sambil di uleni sampai kalis kembali. Selanjutnya kukus campuran ketan memakai pinggan tahan panas dan beri ganjal memakai selembar aluminium foil. Kukus selama kurang lebih 30 menit sampai tepung menjadi liat.
  3. Jika sudah ambil campuran masing-masing 15 gram ketika masih panas. Buatlah pipihan dari campuran dan isi dengan enting yang sudah dihaluskan. Buatlah bentuk bundar dan gulingkan camilan anggun mochi di atas tepung sagu yang telas disangrai sebelumnya.

Nah camilan anggun moci sudah siap anda nikmati untuk banyak sekali keperluan. Bahan yang tersedia dapat dibentuk menjadi 16 buah camilan anggun mochi. Selamat mencoba dan tetap berkreasi