15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Makanan Ringan Anggun Popaco Khas Manado

Menu Internasional - Dari pulau Jawa kita terbang ke Sulawesi tepatnya di kota Manado. Di sana kita akan mendapat banyak kuliner khas kawasan yang sudah dikenal diseluruh Nusantara bahkan mungkin di mancanegara. Salah satu yang akan kami bagikan ialah resep kuliner ringan anggun popaco yang mempunyai rasa anggun dan gurih dari santan sebagai komplemen penyajian. Sebagai salah satu kuliner tradisional kuliner ringan anggun popaco ini sampai ketika ini masih sering dipakai untuk menu dalam banyak sekali program baik yang formal maupun non formal. Kue tradisional masih menjadi primadona di sana dan masih dijaga kelestariannya. Mungkin banyak di kawasan lain yang sudah tidak peduli dengan salah satu kuliner tradisional terutama kuliner ringan anggun tradisional. Berbeda di Manado di sana hampir setiap ada upacara budbahasa atau program keluarga selalu terhidang kuliner atau kuliner ringan anggun trdisional sebagai hidangan wajib. Makara selain menjaga tradisi sekaligus juga menjaga budaya kuliner.

Melihat tampilan kuliner ringan anggun popaco dibungkus memakai daun pandan yang dibentuk mangkuk memanjang, mengingatkan pada kuliner tradisional yang ada di Jawa Timur yaitu bubur beras merah putih yang biasanya memakai daun pisang dengan bentuk yang sama. Namun isinya berbeda pastinya, dengan bentuk bungkus atau mangkuk daun pandan yang ibarat itu, kuliner ringan anggun popaco juga sering disebut dengan nama kuliner ringan anggun perahu. Yang uniknya kuliner ringan anggun ini disajikan harus bersama saus santan, hal ini juga mengingatkan pada kuliner khas Betawi kue putu mayang yang beberapa waktu kemudian juga sudah kami bagikan resepnya. Kue ini memakai materi dasar tepung beras, sehingga tekstur yang dihasilkan sangat lembut dan mempunyai rasa manis. Lebih nikmat dengan adanya sensasi gurih dengan adonan saus santan kental nya.

Untuk menciptakan kuliner ringan anggun popaco ini sangatlah mudah, dengan mengikuti resep yang kami bagikan anda niscaya akan berhasil membuatnya. Jika anda sedang akan mengadakan program keluarga kuliner ringan anggun ini sanggup di coba untuk hidangan bagi para undangan. Mungkin akan menciptakan banyak orang bertanya jikalau anda di luar Manado. Siapa tahu sanggup menjadi sumber pendapatan di kemudian hari. Nah untuk anda yang tertarik mencobanya, berikut ialah resep kuliner ringan anggun popaco untuk anda semua.

 Dari pulau Jawa kita terbang ke Sulawesi tepatnya di kota Manado Resep Cara Membuat Kue Popaco Khas Manado

Bahan-bahan :
  • 150 gram tepung beras
  • 15 gram tepung kanji
  • 2 lembar daun pandan
  • 500 ml santan kental
  • 1 1/2 sendok abu kayu manis
  • 1/4 sendok teh abu cengkih
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan besar (buat mangkuk panjang)

Bahan saus santan :
  • Santan dari 1 butir kelapa
  • 1 1/2 sendok makan tepung kanji
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Masaklah santan beserta gula merah sampai mendidih, kemudian saring dan dinginkan. Kemudian masukkan bahan-bahan berikut, tepung beras, tepung kanji, daun pandan, abu cengkih, abu kayu anggun dan garam, aduk-aduk sampai materi tercampur rata. Selanjutnya tuangkan adonan yang sduah jadi ke dalam cetakan mangkuk dari paun pandan, kemudian dinginkan.
  2. Saus santan : rebuslah santan, tepung kanji dan garam sampai mendidih sampai mendidih kemudian dinginkan.
  3. Sajikan kuliner ringan anggun popaco dengn disiram dengan saus santan ketika kuliner ringan anggun popaco sudah dingin.

Catatan : santan dimasak dengan memakai api sedang dan diaduk-aduk terus supaya santan tidak pecah.

Praktis dan sederhana kan, namun rasa yang dihasilkan tentu tidak sederhana. Dengan bahanyang dipakai di atas akan menghasilkan 18 mangkuk kuliner ringan anggun popaco. Selamat mencoba dan terus berkreasi.