15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Gudeg Manggar Khas Bantul

Menu Internasional - Menikmati gudeg Jogja di daerah asalnya Daerah Istimewa Yogyakarta memang akan terasa lebih istimewa baik dari suasananya maupun rasanya. Namun pernahkah anda menikmati hidangan gudeg Jogja yang bahannya bukan dari gori atau nangka muda? mungkin kebanyakan dari anda belum pernah menikmatinya. Jangan khawatir hidangan unik kali ini akan kami bagikan dalam resep gudeg manggar khas Bantul. Dari namanya saja sudah tertangkap tangan bahwa gudeg yang satu ini merupakan hasil olahan manggar atau kembang kelapa yang masih muda. Nah materi yang tidak umum dijadikan sebagai materi masakan ini justru bisa disulap menjadi hidangan gudeg yang mantap dan mempunyai tekstur gurih. Gudeg manggar merupakan masakan ikon kota Bantul yang masih ada sampai ketika ini.

Membedakan keduanya antara gudeg nangka dengan gudeg manggar dari segi rasa memang tidak mudah. Hal ini alasannya yaitu baik gudeg nangka maupun gudeg manggar memakai bumbu-bumbu yang persis sama. Namun bagi anda yang melihat tekstur dari kedua gudeg ini akan segera bisa membedakan. Jika gudeg nangka maka teksturnya ibarat yang biasa anda santap empuk, lembut atau lembek, hal ini sangat berbeda dengan tekstur gudeg manggar yang mempunyai tekstur gurih dan krenyes-krenyes. Nah kalau anda ke Jogja dan sempat berkeliling mampirlah ke kota Bantul untuk menikmati hidangan khas gudeg manggar yang nikmat itu.

Dalam penyajiannya gudeg manggar juga sama persis dengan gudeg yang biasa anda nikmati sebelumnya. Kelengkapan lauk pauk dan materi aksesori lainnya juga sama persis. Hal ini akan menawarkan rasa yang lebih kaya dari rasa anggun gudeg yang spesial. Jangan lupa juga sambel krecek yang seakan tidak bisa dipisahkan dari masakan gudeg ini. Sebelumnya keberadaan gudeg ini sudah hampir punah alasannya yaitu kurang peminatnya, namun belakangan mulai bangun lagi dengan menjadi ikon masakan yang bisa bersaing dengan gudeg umumnya.

 Menikmati gudeg Jogja di daerah asalnya Daerah Istimewa Yogyakarta memang akan terasa leb Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Khas Bantul

Nah untuk anda yang ingin tau bagaimana menciptakan gudeg manggar yang yummy dan nikmat, berikut ini akan kami bagikan resep sederhana untuk anda semua. Selamat mencoba.

Bahan-bahan :
  • 1 kg manggar (putik bunga kelapa muda)
  • 1 butir kelapa (jadikan santan kental)

Bumbu-bumbu :
  • 100 gram bawang merah
  • 50 gram bawang putih
  • 30 gram kemiri
  • 2 sendok makan ketumbar
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas jari lengkuas (geprak/memarkan)
  • 1/4 kg gula merah
  • Garam secukupnya
  • 1 bungkus tempe semangit (hampir busuk)

Cara membuatnya :
  1. Parut satu butir kelapa, kemudian buatlah santan kental dari pautan kelapa tersebut.
  2. Haluskan bumbu-bumbu ibarat bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, garam, dan tempe semangit. Lakukan sampai semua bumbu halus.
  3. Tumis bumbu halus yang sudah siap dengan memakai sedikit minyak, kemudian masukkan santan kedalam adonan bumbu, masukkan juga daun salam, lengkuas dan gula merah.
  4. Tunggu sampai mendidih, kemudian masukkan manggar kedalam adonan santan. Lanjutkan memasak memakai arang atau kayu bakar selama waktu kurang lebih empat jam. Selama itu usahakan api tetap kecil semoga masakan tidak hangus.
  5. Sajikan gudeg dengan tambahan lauk pauk ibarat opor ayam, sambal krecek dan materi lain sesuai selera.

Nah gudeg manggar yang unik sekarang sudah bisa anda coba di rumah. Selamat mencoba dan terus berkreasi.