15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Camilan Cantik Rengginang Renyah Dan Gurih

Menu Internasional - Saya sedang suka menciptakan resep kuliner tradisional, jadi kali ini juga masih akan membagikan resep kuliner ringan anggun tradisional yang masih digemari sampai dikala ini. Nah dihari yang panas ini kami akan membagikan lagi satu kuliner tradisional yang akan kami berikan melalui resep kuliner ringan anggun rengginang. Kue rengginang merupakan kuliner ringan anggun tradisional termasuk kuliner ringan anggun kering yang sangat gampang sekali membuatnya. Namun meskipun gampang menciptakan kuliner ringan anggun rengginang sangat butuh kesabaran, artinya anda tidak dapat eksklusif menciptakan rengginang eksklusif jadi alasannya yaitu masih perlu proses penjemuran supaya balasannya menjadi gurih dan renyah.

Kue rengginang ini selain sederhana juga dapat dibuat dengan banyak sekali citarasa dan dapat dibuat dengan banyak sekali bentuk sesuai dengan selera masing-masing. Memang yang dikenal selama ini rengginang mempunyai bentuk bundar pipih, namun dalam perkembangannya rengginang mengalami banyak sekali variasi, baik rasa maupun bentuknya. Rengginang dapat di goreng baik tanpa bumbu dan rasa, ada yang hanya diberi garam untuk rasa asin, dan ada juga yang rasa manis. Bahkan kini ada yang diberi rasa udang dan sebagaianya. Rengginang juga dapat dinikmati kapan saja, dapat dijadikan kerupuk untuk menemani makan atau dapat juga disuguhkan. Itulah keistimewaan dari rengginang yang fleksibel.

Dulu sewaktu masih kecil aku biasa menjumpai rengginang yang berwarna putih dengan warna merah di tengahnya. Namun kini banyak sekali yang menciptakan rengginang dengan banyak sekali pewarna. Hanya saja hati-hati jangan samapai anda tertarik hanya dengan warna, alasannya yaitu dikala ini banyak juga kuliner yang memakai pewarna yang tidak diperuntukkan bagi makanan. Cara yang paling baik yaitu menciptakan rengginang sendiri sampai terjamin kebersihan dan tidak khawatir akan gangguan kesehatan.

 Saya sedang suka menciptakan resep kuliner tradisional Resep Cara Membuat Kue Rengginang Renyah dan Gurih

Nah bagi anda yang kebetulan kangen akan rasa rengginang yang gurih dan renyah, anda dapat segera membuatnya sekarang, sehingga besok sudah digoreng. UNtuk resepnya silahkan anda lihat yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 750 gram beras ketan (rendam di air selama 3 jam dan tiriskan)
  • 375 ml air
  • 1 sendok teh terasi udang
  • 5 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 butir jeruk nipis (peras airnya)
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • Minyak secukupnya
  • Penyedap rasa (jika diperlukan)

Cara membuatnya :
  1. Kukuslah beras ketan yang sudah direndam sampai setengah matang, kemudian angkat. Didihkan 375ml air, kemudian masukkan beras ketan yang gres dikukus. Lalu masukkan bawang putih, terasi udang, air perasan jeruk nipis, gula pasir, garam dan penyedap rasa (hanya kalau suka). Aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata dengan ketan, lanjutkan memasak sampai matang, kemudian segera angkat.
  2. Ambil ketan yang sudah dikukus secukupnya, buatlah bentuk bundar kemudian pipihkan (atau bentuk dengan cetakan sesuai selera). Kemudian jemur ketan yang sudah dibuat di bawah matahari sampai kering dan angkat.
  3. Setelah kering goreng rengginang memakai minyak yang banyak dan api sedang saja, goreng sampai garing, kemudian angkat dan tiriskan. Untuk menjaga tetap renyah simpan dalam stoples kedap udara.

Nah sangat gampang dan sederhana bukan menciptakan rengginang. Meskipun sederhana namun rasanya tidak sesederhana cara membuatnya kan. Bahan untuk menciptakan rengginang di atas dapat dijadikan sebanyak 550 gram rengginang.