15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Bubur Ketan Hitam Dan Cara Membuatnya

Resep Bubur Ketan Hitam - Siapa yang tidak kenal dengan bubur, hidangan cemilan yang satu ini memang banyak sekali jenisnya, bubur sendiri bukan hanya di Indonesia namun di banyak sekali negara lain bubur juga banyak sekali jenisnya, namun di Indonesia sendiri bubur juga mempunyai banyak sekali variasi, salah satunya yaitu ibarat bubur sumsum, bubur kacang merah, bubur buah wi, bubur kacang hijau, bubur ayam dan bubur lainnya.

untuk kali ini sendiri kita akan menciptakan bubur ketan hitam, sebetulnya dalam menciptakan bubur ketan hitam sabgatlah gampang serta bahan-bahan untuk membuatnya juga terbilang sangatlah gampang di dapatkan, untuk materi utamanya yakni ketan hitam, bunda sanggup mencari ketan hitam kualitas premium di banyak sekali supermarket ataupun pasar tradisional, dengan catatan untuk ketan yang dipakai merupakan ketan premium.

Ciri-ciri ketan premium yaitu bentuknya memanjang serta tidak pecah, warna hitam yang dihasilkan pun biasanya terlihat sangat pekat, berbeda dengan ketan putih, selain itu dikala mencucinya lebih baik di basuh dengan air mengalir, ketan hitam yang tidak pecah dengan tekstur lebih panjang sangatlah lezat di bila bunda merebusnya dengan benar maka akan menghasilkan kuliner yang lezat dengan rasa pulen yang maksimal.

Salah satu khasiat dari ketan hitam Khasiat ini tidak serta merta bisa mengobati anda dari sakit, perlu diingat ketan hitam ini bukanlah obat. Ketan Hitam sanggup membantu menjaga daya tahan badan apalagi disaat trend hujan ibarat sekarang. Makara mengkonsumsi lebih banyak ketan hitam akan menciptakan anda mempunyai kekebalan badan yang baik. serta untuk anda yang terkena penyakit diabets juga dianjurkan mengganti nasi dengan ketan hitam.

Selain itu Pekatnya ketan hitam bisa menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit gres yang lebih halus dan lembut, juga mengandung antioksidan, mengandung pelembab alami, serta sanggup mendinginkan kulit. nah dari banyaknya manfaat yang terkandung dari ketn hitam, maka berikut kami berikan resep sederhana, berikut cara memembuat Resep Bubur Ketan Hitam Dan Cara Membuatnya.

Bahan-Bahan Membuat Resep Bubur Ketan Hitam

 hidangan cemilan yang satu ini memang banyak sekali jenisnya Resep Bubur Ketan Hitam Dan Cara Membuatnya
Resep Bubur Ketan Hitam
Bahan
  • 100 gr beras ketan hitam, rendam lebih dahulu selama 2 jam lamanya
  • 2 liter air
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 lbr daun pandan
  • 1/4 sdt garam
Bahan Kuah
  • 200 ml santan kental
  • 100 ml santan cair
  • 2 lbr daun pandan, ikat simpul
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
Cara Membuat Bubur Ketan Hitam
  1. Tiriskan dahulu ketan yang telah direndam sebelumnya
  2. Setelah itu rebus air dan masukkan ketan hitam kedalamnya
  3. Jika telah mendidih lalu masukkan garam, gula serta daun pandan yang telah diikat simpul
  4. Masak ketan hitam sambil diaduk-aduk supaya ketan hitam tidak lengket atau gosong di panic
  5. Masak dan aduk hingga ketan masak setengah matang dan airnya mengental
  6. Untuk menciptakan kuah santan, rebus santan cair dan lalu masukkan santan kental
  7. Masak dan aduk aduk supaya santan tidak pecah
  8. Masukkan daun pandan yang diikat simpul bersama dengan garam
  9. Masak hingga mendidih dan beraroma harum, matikan api
  10. Sajikan bubur kentan di mangkuk saji
  11. siram dengan air santan
  12. Sajikan selagi panas atau sebaliknya dikala cuek dengan memakai es
     hidangan cemilan yang satu ini memang banyak sekali jenisnya Resep Bubur Ketan Hitam Dan Cara Membuatnya
    Resep Bubur Ketan Hitam
Sebenarnya cukup gampang bukan bunda menciptakan resep yang satu ini, namun perlu beberapa tips elok dikala membuatnya salah satunya yaitu dengan perhatikan proses pengolahan santannya, hati -hati jangan hingga santannya pecah pada dikala menghaduk santan yang sedang di panaskan, serta pemilihan kelapa yang baik juga tentu akan besar lengan berkuasa pada rasa bubur ketan hitam yang bunda buat serta rasa manis yang dibawa santan.
Baca Juga : Resep Membuat Minuman Blewah 
Dalam menciptakan bubur ketan hitam ini selain ketan hitam yang perlu diperhatikan ada juga materi utamnya yakni ketan hitam, bubur ketan hitam ini juga sangat cocok di sajikan dengan es bila bunda lebih suka memakannya dalam keadaan dingin, tapi berdasarkan kami kuliner yang satu ini lebih baik di nikmati dikala masih panas atau hangat, bila kurang manis bunda juga bisa menambahan suplemen tambahan, demikian Resep Bubur Ketan Hitam Dan Cara Membuatnya supaya bermanfaat.