15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Tumis Oncom Campur Kacang Panjang

Menu Internasional - Jika anda mengaku pecinta masakan Nusantara pastinya mengenal yang namanya oncom. Nah kali ini kami juga akan membagikan resep tumis oncom untuk anda. Apa sih oncom itu? Oncom merupakan masakan Nusantara yang sangat terkenal terutama di kawasan Jawa Barat. Makanan ini merupakan hasil fermentasi yang terjadi oleh acara beberapa kapang, prosesnya hampir sama dengan pembuatan tempe. Yang membedakan oncom dengan tempe yaitu oncom gres dapat dikonsumsi sehabis kapang menghasilkan spora, sedangkan tempe dikonsumsi sebelum kapang menghasilkan spora.

Bahan masakan ini terkenal sebab selain rasanya nikmat harga yang ditawarkannya pun sangat murah, dan satu lagi yang tak boleh dilupakan masakan ini terang sehat. Mungkin hanya sebab penampilannya saja sehingga tidak sedikit orang yang memangdang oncom sebelah mata, bahkan banyak pula yang bilang oncom sebagai masakan yang tidak berkelas. Menurut penelitian 100 gram oncom mempunyai kandungan 13,8 gram protein, 6 gram lemak, 968 mg kalsium serta 22,6 gram hidrat arang. Selain itu oncom juga mempunyai kandungan mineral yang penting bagi badan yaitu zat besi dan Fosfor, artinya oncom dapat dijadikan sebagai alternatif materi masakan sehat untuk keluarga anda.

Nah sehabis anda mengetahui kandungan gizi dan mineral dari oncom, sekarang saatnya anda menciptakan masakan nikmat dari materi oncom tersebut. Kami disini akan menawarkan resep tumis oncom untuk anda, biar resep yang kami hadirkan dan kami bagikan untuk anda sesuai dengan selera anda masing-masing. Untuk mempersingkat waktu silahkan anda simak resep yang berikut ini.

 Jika anda mengaku pecinta masakan Nusantara pastinya mengenal yang namanya oncom Cara Membuat Tumis Oncom Campur Kacang Panjang

Bahan-bahan : 
  • 250 gram kacang panjang
  • 100 gram oncom
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 4 butir bawang merah (iris tipis)
  • 3 siung bawang putih (iris tipis)
  • 4 buah cabe merah (iris tipis)
  • 2 sendok teh saus tiram
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh abu kaldu ayam
  • 100 ml air
Cara menciptakan tumis oncom :
  1. Potong-potong kacang panjang dengan ukuran 3 cm, kemudian sisihkan terlebih dahulu. Kemudian bakar oncom sampai kering, selanjutnya oncom dicincang kasar, kemudian sisihkan juga.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian tumis bumbu yang diiris tadi sampai keluar aroma harum dan bumbu matang. Kemudian masukkan pecahan kacang panjang dan cincangan oncom kedalam bumbu tersebut.
  3. Masukkan saus tiram, abu kaldu ayam, garam serta 100 ml air, aduk-aduk masakan tersebut sampai rata. Lanjutkan memasak dengan memakai api kecil sampai air dan bumbu meresap habis, selanjutnya angkat masakan dan tumis oncom siap disajikan.
Nah resep tumis oncom telah selesai kami buat, sekarang saatnya anda menyiapkan masakan nikmat untuk keluarga tercinta. Dengan bahan-bahan yang kami sediakan pada resep di atas anda dapat menyiapkan empat porsi makan. Sebagai selesai kata kami ucapkan selamat mencoba dan terus berkreasi.