15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat Dan Lezat

Menu Internasional - Menu kuliner yang akan kami bagikan hari ini ialah kuliner yang dibentuk dengan materi sayuran yaitu kangkung. Kangkung di sini akan kami buat resep plecing kangkung yang nikmat namun dengan proses yang sangat gampang dan sederhana. Mungkin tidak banyak dari anda semua yang tahu dari mana bergotong-royong asal kuliner pleicing ini. Plecing kangkung merupakan kuliner khas orisinil Nusantara yang berasal dari tempat Bali dan Lombok. 

Sebenarnya jikalau anda tahu bagaimana menciptakan kuliner khas yang satu ini sangat gampang sekali, kangkung hanya direbus kemudian disajikan dengan sambal tomat dalam keadaan dingin. Yang jadi prosesagak memakan waktu justru menciptakan sambal tomatnya. Namun secara keseluruhan menciptakan plecing kangkung sangat gampang dan sederhana. Kangkung yang dipakai untuk menciptakan kuliner ini juga sangat khas, berbeda dengan kangkung yang umum ada di Jawa. Kangkung yang dipakai ialah kangkung air dengan metode tanam tertentu. Namun dalam penyajiannya plencing kangkung tidak hanya berupa sayuran kangkung saja, akan tetapi ditambah dengan banyak sekali sayuran lain menyerupai tauge, kacang panjang, kacang goreng atau urap.

Beberapa kuliner yang dibentuk dari kangkung sebelumnya juga sudah kami bagikan, salah satu yang sanggup anda coba ialah resep sayur kangkung bumbu petis yang nikmat. Nah kembali lagi ke plecing kangkung, kuliner ini ternyata ketika ini sudah banyak dikenal di luar Bali dan Lombok, bahkan kuliner ini sudah menjadi hidangan favorit di rumah-rumah makan mauopun di restoran besar. Rasanikmat dari plecing kangkung tidak hanya enak ketika dinikmati, namun lebih jauh lagi kuliner ini menciptakan para penggemar kuliner dari materi kangkung menjadi ketagihan. Hal yang menciptakan semua menjadi lebih nikmat tentu saja berasal dari sambal tomat yang dipakai untuk mencampur sayu kangkung tersebut. Dengan mudahnya menciptakan kuliner ini kami yakin anda juga sanggup membuatnya sendiri dirumah mengikuti resep yang akan kami berikan nanti.

 Menu kuliner yang akan kami bagikan hari ini ialah kuliner yang dibentuk dengan materi sayu Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat dan Lezat

Nah untuk anda yang ingin menciptakan kuliner untuk hidangan makan keluarga dan masih resah ingin memasak apa, mungkin plecing kangkung sanggup menjadi pilihan yang menarik. Selain bahannya murah membuatnya juga tidak butuh waktu lama. Makara bagi anda yang sudah siap untuk menciptakan kuliner plecing kangkung segera saja ikuti resep plecing kangkung di bawah ini. Berhubung tidak semua kangkung menyerupai disebutkan di atas ada di tempat anda, anda sanggup membuatnya dengan kangkung sanggup yang banyak dijual disekitar anda. Nah jikalau sudah siap silahkan anda simak resep yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 350 gram kangkung
  • Air secukupnya (untuk merebus kangkung)
  • 1/2 sendok teh garam (untuk adonan ketika merebus kangkung)
  • 4 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 6 butir bawang merah (dibakar dengan kulitnya, kemudian kupas)
  • 2 sendok teh terasi bakar
  • 4 butir kemiri (digoreng)
  • 6 buah cabe merah keriting
  • 1 buah cabe merah besar (buang bijinya)
  • 4 buah cabe rawit merah
  • 1 buah tomat
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Garam secukupnya

Bahan embel-embel :
  • Air jeruk limo (diperas dari 1 butir jeruk limo)

Cara membuatnya :
  1. Petik daun kangkung dengan batang mudanya kemudian sisihkan dahulu. Didihkan air dengan dicampur garam yang sudah disiapkan. Selanjutnya masukkan kangkung dan diamkan dalam waktu beberapa detik, kemudian angkat dan tiriskan. Rendam kangkung ke dalam air cuek yang sudah matang/air es, diamkan beberapa saat, kemudian tiriskan lagi dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak di dalam wajan, tumis bumbu-bumbu yang telas dihaluskan sampai matang dan beraroma harum, kemudian angkat. Masukkan air jeruk limo dan aduk-aduk bumbu tersebut sampai rata. Selanjutnya masukkan kangkung rebus/taruh bumbu di atas kangkung rebus, aduk-aduk kangkung dan bumbu sampai tercampur rata. Plecing kangkung siap dinikmati.

Resep telah final kami buat, saatnya anda mencoba dan menghidangkan kuliner yang yummy ini di rumah anda. Semua materi yang telah disiapkan dalam resep di atas sanggup dinikmati oleh empat orang. Selamat mencoba dan terus berkreasi.