15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Cincau Hitam Dengan Gampang Dan Praktis

Cincau Hitam ialah materi minuman segar yang rasanya kenyal dan cukup populer dikala bulan ramadhan datang. Bahan cincau Hitam sanggup di gunakan untuk menciptakan Es dengan adonan materi yang lainnya. Kali ini racikanbumbu.com akan membuatkan cara menciptakan Cincau Hitam dengan gampang daripada beli ke pasar maka dengan cara ini bunda sanggup menciptakan sendiri di rumah. Cukup dengan daun janggelan atau masyarakat lebih familiar dengan sebutan daun cincau kering. Tanpa menunggu usang yuk kita praktekin saja bunda ???

Peralatan :
  • Kompor minyak atau gas atau kalau Anda tinggal di pedesaan dan masih sulit mendapat kompor, memakai tungku api juga tidak masalah.
  • Alat untuk mengaduk loyang.
  • Alat penyaring yang sudah dibersihkan.

Bahan cincau hitam :
  • 1 kilogram daun janggelan (masyarakat lebih familiar dengan sebutan daun cincau kering).
  • NaOh/Abu Qi yaitu senyawa atau zat yang berkhasiat untuk memudahkan keluarnya zat pati.
  • Tepung tapioka seperlunya.
  • Air mentah atau matang asalkan higienis seperlunya.

Cara menciptakan Cingcau Hitam :
  1. Daun cincau kering (janggelan) dibersihkan terlebih dahulu memakai air yang jernih. Tujuan dilakukan pembersihan ini supaya zat pati dalam daun cincau kering sanggup keluar.
  2. Semua daun cincau kering direbus kedalam panci yang sudah dituangkan air 20 liter, jangan lupa tambahkan zat NaOh/Abu Qi supaya zat pati yang keluar semakin optimal. Aduk terus sampai mendidih, maksudnya supaya buih yang keluar tidak tumpah.
  3. Zat pati yang sudah keluar disaring memakai alat penyaring.

Proses pembuatan jeli cincau hitam kenyal-kenyal :
  1. Tunggu hasil saring larutan zat pati mendingin, campurkan dengan tepung tapioka dalam wadah besar. Setelah itu aduk sampai tercampur.
  2. Rebus kedua materi yang telah tercampur tadi ke dalam loyang maupun cetakan cincau.
  3. Biarkan selama 10 jam sampai cincau yang berbentuk jeli benar-benar dingin.
  4. Jika sudah dingin, cincau hitam siap dibungkus (bagi yang ingin dijual) atau dinikmati sendiri.
  5. Bagaimana berdasarkan bunda, sulit atau mudah? Itu semua tergantung bagaimana bunda melakukannya, sungguh-sungguh atau hanya main-main.

Setelah bunda sudah mengetahui resep menciptakan cincau hitam, kini saatnya bunda berkreasi lebih jauh, ingin dicampurkan pada minuman ibarat apa cincau hitam yang sudah jadi ini. Itu terserah pada bunda, silahkan mencoba.