15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Camilan Bagus Mangkok Lembut Bagus Dan Nikmat

Menu Internasional - Masih dengan kue-kue tradisional yang akan kami sajikan dalam resep kali ini. Memang paling menyenangkan membagikan resep camilan anggun tradisional, seolah ikut melestarikan tradisi masakan yang kian hari kian tersingkirkan oleh makanan instan yang sekarang semakin mewabah keberadaannya. Nah resep kali ini yaitu cara menciptakan camilan anggun mangkok. Apa sih sebetulnya camilan anggun mangkok atau camilan anggun mangkuk itu? Kue mangkok yaitu sebuah kue tradisional, masuk dalam kategori camilan anggun basah. Kue ini seakan-akan dengan cup cake atau dapat juga disamakan dengan camilan anggun bolu kukus. Bentuk dari ketiga camilan anggun ini seakan-akan satu sama lain, atau dapat jadi malah sama saja. Namun kalau kita melihat cara membuatnya lebih mendekati sebagai bolu kukus, dengan kepala camilan anggun yang merekah sangat erat dengan bolu kukus.

Untuk anda yang sedang mempersiapkan program arisan atau program non formal yang lain, kue basah ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk disajikan dalam program tersebut. Kue berair yang satu ini memang sangat banyak peminatnya. Teksturnya yang lembut hampir sama dengan apem dan rasa anggun lezatnya memang selalu memuat camilan anggun ini menjadi pilihan yang tepat, dan memang ketika disajikan untuk program tertentu, camilan anggun ini yang paling banyak habis lebih dahulu di samping makanan yang lain yang disajikan. Selain untuk program non formal camilan anggun ini juga cocok untuk program santai, baik sendiri maupun bareng teman. Cocok juga sebagai sahabat nonton atau belajar, menciptakan nonton atau berguru mnjadi lebih konsentrasi.

Bahan yang dipakai sedikit banyak sama dengan yang dipakai dalam cara menciptakan bolu kukus, hanya saja mungkin dalam menyebutnya berbeda di masing-masing daerah. Namun apapun namanya camilan anggun berair yang satu ini memang enak. Biasanya dibentuk dengan warna-warna yang menarik, namun memakai pewarna makanan yang baik, bukan pewarna yang lain yang justru merusak kesehatan. Nah bagi anda yang kbetulan sedang memepersiapkan program kecil di rumah silahkan anda coba resep yang akan kami bagikan nanti. Semoga resep-resep kami memperlihatkan pengetahuan yang baik dalam membantu anda berguru memasak. Untuk itu segera saja anda simak resep sederhana menciptakan camilan anggun mangkok yang berikut ini.

kue tradisional yang akan kami sajikan dalam resep kali ini Cara Membuat Kue Mangkok Lembut Manis dan Nikmat

Bahan-bahan :
  • 5 sendok makan tepung beras
  • 11 gram ragi indtan
  • 75 ml air
  • 500 gram tepung beras
  • 150 gram tepung terigu
  • 400 ml air
  • 350 gram gula pasir
  • 700 ml santan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili
  • Pewarna makanan secukupnya (sesuaikan dengan selera anda)

Cara membuatnya :
  1. Membuat biang : Campurkan 5 sendok makan tepung beras dengan 75 ml air dan ragi instan. Aduk-aduk adonan tersebut sampai rata, kemudian didiamkan selama 35 menit, sisihkan dahulu.
  2. Campurkan bahan-bahan ke dua yaitu tepung terigu, tepung beras, dan adonan biang yang sudah dibentuk sebelumnya. Tuangkan air bertahap sambil terus di uleni dengan tangan, kalau air sudah habis diamkan lagi adonan sampai kurang lebih satu jam.
  3. Masukkan garam, vanili dan gula pasir, selanjutnya tuangkan santan sedikit sedikit sambil terus diaduk supaya merata sempurna. Tepuk-tepuk adonan dalam waktu kurang lebih 15 menit, kemudian diamkan lagi adonan tersebut sampai waktu 45 menit, kemudian beri pewarna makanan sesuai selera anda kemudian aduk-aduk lagi sampai warna merata.
  4. Langkah terakhir, masukkan adonan ke dalam cucing (cetakan camilan anggun mangkok) yang sudah diolesi dengan minyak sampai benar-benar penuh. Lalu kukuslah adonan camilan anggun tersebut memakai dandang panas dalam waktu kurang lebih 15 menit atau sampai kepala camilan anggun merekah. Jika sudah merekah dan matang segera angkat dan dinginkan beberapa ketika sampai siap di sajikan.

Sagat gampang sekali kan membuatnya, hanya saja untuk persiapan dalam menciptakan adonan cukup butuh waktu yang lama. Namun dengan kesabaran anda akibatnya akan sangat memuaskan. Nah dengan materi yang disiapkan, anda dapat menciptakan sebanyak 24 buah camilan anggun mangkok. Selamat mencoba dan terus berkreasi.a