15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Bubur Lemu Istimewa Khas Jawa Barat

Bubur Sumsum oleh sebagian orang. Bubur lemu ini terbuat dari tepung beras, ada yang berwarna putih ada juga yang berwarna hijau sebab ada adonan pandan.

Dalam penyajiannya bubur lemu dicampur dengan kuah gula merah atau dalam bahasa Jawa disebut juruh dan masih ditambah dengan kuah santan. Namun biasanya orang banyak menciptakan bubur lemu atau bubur sumsum ini pribadi dicampur dengan santan ketika memasaknya. Untuk resep kali ini santan dibentuk terpisah dan dipakai ketika penyajian. Yang perlu di ingat ketika menciptakan bubur lemu ini yaitu sesuaikan materi dengan banyaknya porsi yang akan dibuat, mengingat bubur ini tidak tahan lama. Kaprikornus materi yang dipakai tidak terbuang sia-sia.

Untuk menciptakan bubur lemu sendiri sangat mudah, bahan-bahan yang dipakai juga tidak banyak. Bubur lemu ini sangat cocok untuk sarapan, walaupun bekerjsama dapat disantap kapan saja. Rasa gurih dari bubur ini dicampur dengan rasa anggun dari kuah gula selalu bikin ketagihan. Dulu waktu masih kecil ibu sering menyebarkan bubur semacam ini dan selalu jadi masakan favorit. Hingga kini bahkan sering menciptakan kangen masa-masa itu.

Nah jikalau anda ingin menciptakan bubur lemu untuk keluarga, siapkan bahan-bahannya dan kami akan siapkan resep Istimewa nya untuk anda. Resep kali ini cukup sederhana, singkat dan jelas, mudah-mudahan apa yang kami buat di sini sesuai dengan selera anda. Resep Istimewa kali ini akan kami berikan kepada anda semua di Cara Membuat Bubur Lemu Spesial Khas Jawa Barat. Yuk kita simak dan coba sekarang.

 Dari namanya masakan yang satu ini memang agak unik Cara Membuat Bubur Lemu Spesial Khas Jawa Barat

Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung beras
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh pasta pandan
  • 2,5 liter santan (hasil parutan 1 butir kelapa)
  • Es watu secukupnya (jika ingin disajikan dingin)

Bahan saus/kuah Gula :
  • 250 gram gula merah
  • 100 ml gram gula putih
  • 400 ml air
  • 1/2 sendok teh maizena (larutkan dengan 3 sendok makan air)

Bahan saus/kuah Santan :
  • 500 ml santan kental
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Bubur Lemu Spesial Khas Jawa Barat :
  1. Larutkan tepung beras dengan memakai santan kemudian diaduk-aduk sampai rata. Lalu tambahkan garam, daun pandan dan pasta pandan. Kemudian didihkan materi tersebut di atas api kecil sambil terus diaduk-aduk sampai materi bubur mengental dan matang, angkat dan dinginkan dahulu.
  2. Membuat saus/kuah gula : campurkan gula merah, gula pasir dan air, kemudian rebuslah sampai mendidih dan gula larut bersama air. Selanjutnya tuangkan larutan maizena bertahap sambil tetap diaduk semoga merata, jikalau di rasa cukup angkat dan dinginkan.
  3. Membuat saus/kuah Santan : campurkan santan dan garam. Kemudian rebus sampai adonan mendidih sambil terus diaduk-aduk, selanjutnya angkat dan sisihkan.
  4. Penyajian : ambil bubur lemu memakai pisau (membentuk lembaran tebal), kemudian masukkan ke dalam mangkuk, siram bubur dengan saus/kuah gula dan saus santan. Kemudian tambahkan es watu dan sajikan dalam keadaan dingin. Untuk anda yang tidak suka disajikan dengan es batu, anda tidak perlu menyediakan es batu.
Nah anda sudah siap untuk menikmati hidangan bubur lemu baik hambar atau biasa. Bahan resep di atas dapat disajikan untuk 4-5 orang. Nah semoga resep di atas dapat membantu dan sesuai dengan selera anda. Selamat mencoba dan selalu berkreasi.