15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Bubur Beras Merah Putih Khas Jawa Timur

Menu Internasional - Budaya etika bangsa dan budaya kuliner Indonesia biasanya saling berafiliasi erat. Salah satu rujukan yang kasatmata ialah Bubur Merah putih yang bagi masyarakat di Jawa bukan lagi sebagai kuliner yang asing. Bubur merah putih sering terlihat dalam aneka macam program formal maupun non formal. Sebagai rujukan kasatmata pada dikala kelahiran seorang anak biasanya dibentuk bubur merah putih pada dikala program selamatan terhadap bayi tersebut. Atau dalam budaya Jawa yang lain bubur merah putih selalu ada dalam acara-acara besar dikampung, menyerupai dikala program selamatan kampung atau higienis desa. Mungkin hal ini berkaitan bersahabat dengan simbol negara layaknya bendera merah putih atau mungkin mempunyai folosofi tertentu yang aku sendiri kurang paham makna nya.

Namun seiring berjalannya waktu tradisi menciptakan bubur merah putih sebagai sarana atau syarat untuk melengkapai program selamatan dan lain-lain sekarang semakin jarang ditemui dan mulai ditinggalkan. Beberapa tahun yang kemudian entah dalam program apa aku lupa masih menjumpai dan menikmati bubur merah putih tersebut. Bubur merah putih ini biasanya disajikan dalam wadah atau piring atau dapat juga diatas daun pisang yang dibentuk sedemikian rupa dimana bubur tersebut mengisi wadah separuh-separuh. Rasa bubur putih biasanya asin atau sedikit manis, sedangkang bubur merah rasanya manis. Warna merah yang ada pada bubur merah bahu-membahu juga tidak merah layaknya merah pada warna bendera atau pada kue lapis beras merah putih akan tetapi warna merah tersebut jawaban adonan gula merah, sehingga kemudian dinamakan bubur merah.


Nah bagi anda yang sudah sangat usang tidak menikmati atau bahkan sama sekali sudah tidak menjumpai bubur merah putih yang sangat khas ini, alasannya memang penyajian nya tidak dapat ditemukan seharai-hari, bahkan juga yang aku tau tidak ada yang menjualnya. Untuk itu disni kami akan membagikan resepnya untuk anda semua. Resep nya sangat sederhana sekali sehingga siapapun dapat membuatnya di rumah. Dan resep bubur khas tersebut dapat anda lihat di Cara Membuat Bubur Beras Merah Putih Khas Jawa Timur yang berikut ini.

 Budaya etika bangsa dan budaya kuliner Indonesia biasanya saling berafiliasi bersahabat Cara Membuat Bubur Beras Merah Putih Khas Jawa Timur

Bahan bubur merah :
  • 200 gram beras (cuci bersih)
  • 1 1/2 liter air
  • 300 gram gula merah (disisir halus)
  • 2 lembar daun pandan (disimpul)
Bahan bubur putih :
  • 200 gram beras (cuci bersih)
  • 1 1/2 liter air
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan (disimpul)
Cara Membuat Bubur Beras Merah Putih Khas Jawa Timur :
  • Campurkanlah masing-masing materi bubur ke dalam dua wadah (panci) yang berbeda, kemudian masaklah beras sampai menjadi bubur sambil sekali-kali diaduk. Jika dirasa sudah cukup segera angkat. Selanjutnya sajikan kedua bubur merah dan putih ke dalam satu wadah dengan kombinasi yang anda sukai.
Praktis sekali kan membuatnya, tidak rumit dan susah. Bahan-bahan di atas dapat menghasilkan bubur merah putih untuk disajikan kepada 4 orang. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.