15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Bandeng Presto Khas Semarang Paling Nikmat

resep ikan bandeng bumbu Bali yang mantap, kali ini kami akan mempersembahkan resep fenomenal terbuat dari ikan bandeng yaitu bandeng presto. Bicara bandeng presto siapa yang belum pernah melihat atau mencicipi? Seperti yang sudah kami bilang bahwa bandeng presto sangat fenomenal jadi setiap orang paling tidak pernah melihatnya, apalagi bandeng presto merupakan kuliner Indonesia.

Jika anda belum mengetahui sejarahnya bandeng presto merupakan kuliner khas Indonesia yang asalnya dari Semarang Jawa Tengah. Cukup gampang membuatnya, bumbunya pun tidak sesulit kuliner yang lain cukup dengan bawang putih, kunyit dan garam serta pengolahan yang sempurna jadilah bandeng presto yang fenomenal. Penemu jenis kuliner ini yaitu Hanna Budimulya asal Pati yang kemudian menjadi besar dan sekaligus menjadi ikon kota Semarang yang tak pernah dilupakan. Sejak di temukannya pada sekitar tahun 1977, bandeng presto yang awalnya dibentuk untuk dikonsumsi segelintir orang sekarang menjadi jajanan atau buah tangan khas dari Semarang.

Cara menciptakan bandeng presto sendiri juga sangat mudah, ikan bandeng yang sudah dibersihkan dimasukkan panci khusus yang diberi bantalan daun pisang biasanya, kemudian dikukus atau dimasak dengan uap air bertekanan tinggi. Saat ini banyak seakali panci untuk menciptakan presto yang dijul dipasaran dengan harga yang cukup beragam. Namun bagi anda ynag tidak mempunyai sanggup saja memakai panci yang sanggup dikunci rapat, sehingga uap air hasikl rebusan tidak keluar dari panci. Dengan dimasak menyerupai ini maka anda menerima laba lain yaitu duri atau tulang ikan akan menjadi lunak dan tidak mengganggu dikala menikmatinya.

Nah kira-kira begitulah citra yang sanggup diambil dari sejarah dan cara memasak bandeng presto yang sekarang sudah tersebar keseluruh nusantara bahkan ke luar negeri ini. Anda pun sanggup menciptakan ikan bandeng presto sendiri di rumah untuk mengisi makan bersama keluarga. Namun kalau anda ingin mencoba kuliner lain dari ikan bandeng sanggup juga melihat artikelnya di Resep Ikan Bandeng Bumbu Kuning. Nah untuk kesempatan kali ini mari kita simak resep bandeng presto Istimewa di Cara Membuat Bandeng Presto Khas Semarang Paling Nikmat berikut ini.


Bahan-bahan :
  • 1 kg ikan bandeng segar (dibersihkan)
  • 350 ml air
  • 2 butir telur (dikocok lepas)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Daun pisang secukupnya (untuk bantalan panci presto)
Bumbu-bumbu dihaluskan :
  • 15 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 cm kunyit
  • 2 ibu jari lengkuas (diparut)
  • 3 sendok makan ketumbar (disangrai)
  • 2 sendok makan garam
  • 4 lembar daun salam
Cara Membuat Bandeng Presto Khas Semarang Paling Nikmat :
  1. Haluskan bumbu-bumbu di atas (kecuali daun salam biarkan utuh), kemudian lumuri ikan bandeng memakai bumbu yang dihaluskan tersebut hingga benar-benar rata.
  2. Taruh daun pisang secukupnya di dasar panci presto, kemudian masukkan bandeng yang sudah dilumuri dengan bumbu ke dalam panci, masukkan juga daun salam. Selanjutnya masukkan air secukupnya sebatas atau di bawah bantalan bandeng.
  3. Tutp panci presto hingga benar-benar rapat, kemudian masaklah bandeng dengan tekanan penuh dengan waktu kira-kira 30 menit semenjak panci mulai mendesis. Jika sudah cukup angkat panci dan diambkan beberapa dikala hingga dingin. Jika sudah hambar bukalah tutup panci dan angkat bandeng presto dari panci dan tiriskan.
  4. Selanjutnya untuk pengolahan sederhana, lumuri iakn bandeng presto dengan kocokan telur, kemudian gorenglah hingga berwarna kekuningan, kalau sudah matang segera angkat dan sajikan.
Sangat gampang dan tidak terlalu usang kan, apalagi kalau dimasak dengan panci khusus dengan pengukur suhu dan waktu. Nah kalau kita lihat dari bahan-bahan yang disediakan di atas maka akan sanggup untuk menciptakan bandeng presto sebanyak 4 porsi makan. Nah sebagai final kata selalu kami ucapkan selamat mencoba dan tetap berkreasi.