15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Cara Menciptakan Arem-Arem Isi Daging Sapi Special Mantap

Menu Internasional - Sudah usang tidak menyebarkan resep Istimewa untuk anda, kali ini kembali akan menghadirkan resep tradisional yang tentunya menarik untuk anda semua. Arem-arem merupakan makanan atau penganan sejenis lemper akan tetapi dibentuk dengan beras nasi yang didalamnya terdapat lauk pauk. Makanan atau masakan tradisional ini biasanya disiapkan untuk pengganti sarapan, sehingga dibentuk dengan ukuran yang lebih besar daripada lemper. Pada umumnya arem-arem juga dibungkus dengan daun pisang layaknya lemper.

Jika lemper biasanya berisi abon atau daging dan dibungkus dengan nasi ketan, arem-arem biasanya berisi sambal goreng atau sanggup juga sayuran, semua terserah kepada anda mau diisi dengan apa. Dalam pembuatannya biasanya sambal goreng dibentuk terlebih dahulu, kemuadian menyusul beras yang dimasak setengah matang. Setelah itu nasi setengah matang tersebut diisi dengan materi isian kemudian digulung dan dibungkus dengan daun pisang.

Arem-arem masih sering kita temukan sampai ketika ini, penganan yang sekaligus sebagai pengganti hidangan sarapan ini sangat terkenal bagi orang-orang yang jarang sarapan. Di tempat Jawa Barat dan Banten, penganan sejenis ini biasa disebut dengan Bacang, bacang sendiri yang sering aku temukan berisi mi bihun. Nah kalau anda ingin menyebarkan makanan sekaligus sarapan kepada bawah umur atau anggota keluarga anda dengan cara yang lain, anda sanggup mencoba membuatnya. Resepnya sanggup anda lihat di Cara Membuat Arem-arem Isi Daging Sapi Special Mantap yang berikut ini.

 Sudah usang tidak menyebarkan resep Istimewa untuk anda Cara Membuat Arem-arem Isi Daging Sapi Special Mantap

Bahan-bahan :
  • 1 liter beras (cuci sampai higienis dan tiriskan)
  • 1,5 liter air
  • Garam masak secukupnya
  • Lembaran daun pisang secukupnya (untuk membungkus Arem-arem)
  • Potongan lidi secukupnya (untuk menyemat bungkusan)
Bahan isian :
  • 350 gram daging sapi (dicincang)
  • 250 ml santan
  • 1 ibu jari lengkuas (dimemarkan)
  • 3 lembar daun salam
Bumbu yang dihaluskan :
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah
  • 8 butir kemiri
Cara Membuat Arem-arem Isi Daging Sapi Special Mantap :
  1. Masaklah beras dengan air, tambahkan sedikit garam sampai beras menjadi aron (setengah matang), sisihkan.
  2. Tumislah bumbu yang telah dihaluskan sampai tercium aroma harum, kemudian masukanlah daging sapi cincang. Masaklah sampai daging berubah warna. Selanjutnya tambahkan santan, daun salam, garam serta lengkuas. Lanjutkan memasak sampai santan meresap kedalam daging dan daging menjadi matang, kemudian angkat.
  3. Letakkan 2 sendok makan aronan beras di atas lembaran daun pisang. kemudian letakkan materi isian daging di atas nasi aron tersebut. Gulunglah nasi yang sudah diisi dengan materi isian kemudian sematkan lidi pada masing-masing ujung daun pisang. Kukus sampai campuran arem-arem matang, angkat dan sajikan.
Tidak terlalu sulit kan cara membuatnya, hanya butuh sedikit waktu dan sarapan dengan hidangan yang lain pun sanggup anda nikmati bersama. Bahan-bahan di atas sanggup menghasilkan arem-arem untuk 4-5 orang. Nah selamat mencoba dan tetap berkreasi.