15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Apa Perbedaan Sponge Cake Dan Chiffon Cake


Hallo teman Neti Recipes, Rasanya sudah usang sekali saya tidak mengisi artikel di blog ya, artikel yang terakhir di terbitkan itu sekitar bulan april yang lalu. Apa kabarnya nih para teman Neti Recipes ? yang tentunya masih setia menunggu terbitnya resep-resep terbaru ^_^

Menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, tentunya kesibukan bertambah lagi. Pastinya teman di rumah juga ibarat itu ya,, tetapi tetap harus menjalaninya dengan rasa syukur.

Baiklah, hari ini saya mau membagikan artikel yang berkaitan dengan Resep Bolu yakni sponge cake dan chiffon cake. Apa sih bunda bedanya ? ada yang pernah bertanya ibarat itu kepada saya.

Jujurnya saya juga gres tahu bahwa sponge cake dan chiffon cake itu berbeda ketika saya sudah mencoba untuk berjualan Bolu Marmer, Pandan sponge cake dan bolu pisang di karenakan ada pelanggan yang pesan.

Neti Camilan
facebook.com/UmmuKRiukss

Mau tidak mau semenjak ketika itu, saya mencoba mencari tahu resep mengenai bolu-bolu tersebut. Untuk menambah wawasan kuliner saya perihal bolu atau cake.

Maklum bunda, saya bukan lah lulusan sekolah khusus memasak atau pernah mengikuti kursus-kursus tertentu. Hanya memang sangat menyukai dunia kuliner dan Alhamdulillah belajarnya gres secara autodidak saja ^_^

Serta teramat ingin membagikan pengalaman saya ketika menciptakan Sponge cake.

Perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake

Berikut perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake : dalam pembuatan Sponge cake, lemak yang di pakai berasal dari mentega atau margarin.

Sedangkan untuk Chiffon cake lemak yang di pakai berupa minyak goreng serta materi cairan berupa susu, juice atau santan.

Dalam teknik pengocokan telur, untuk Sponge cake telur di kocok bersamaan dengan gula dan materi emulsifier atau ada juga yang menggunakan teknik putih dan kuning nya di kocok terpisah.

Sedangkan Chiffon cake, menggunakan teknik putih dan kuning telurnya di kocok terpisah.

NetiCamilan
facebook.com/UmmuKRiukss

Kue bolu

Langkah yang sering saya gunakan yakni memisahkan putih dan kuning telur ke dalam wadah yang berbeda,

Lalu putih telur di kocok dengan gula sampai mengembang kaku atau ketika mikser di angkat bab ujung putih telur membentuk jambul dan tidak jatuh.

selanjutnya kocok mentega sampai benar-benar mengembang dan lembut.

Masukkan kuning telur satu persatu dan kocok sampai benar-benar tercampur.

Matikan mixer, selanjutnya gres masukkan bahan-bahan kering lainnya.

Aduk menggunakan spatula sampai rata, terakhir barulah memasukkan putih telur ke campuran kuning telur dan diaduk dengan teknik aduk balik.


chiffon kue

Untuk Chiffon cake, putih dan kuning telur di pisah ke dalam wadah yang berbeda,

Kocok putih telur sampai mengembang dan kaku atau kocokan soft peak

Di lain wadah, campur sampai rata kuning telur dengan lemak berupa minyak goreng, juice atau santan.

Campur putih telur yang kaku ke dalam campuran kuning telur dalam tiga tahapan. Dan aduk sampai rata menggunakan teknik aduk balik.
Baca juga : Mengenal Jenis - Jenis Kue ( Knowing The Kinds of Cake )

Sponge cake biasanya mempunyai tekstur yang ringan, lembut dan berpori banyak, ibarat busa sponge. Karena berpori banyak tersebut, biasanya sponge cake mempunyai remahan garang yang banyak pula :D

Makara tentunya sangat cocok di sajikan untuk teman minum teh atau kopi. Sedangkan Chiffon cake mempunyai tekstur yang lembap, halus dan lembut ibarat brownies. Semoga sekilas pengetahuan saya perihal Sponge cake dan Chiffon cake yang masih minim ini sanggup bermanfaat untuk bunda di rumah ya ^_^ So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Selasa. Juli 25,2017.