RESEP MASAKAN INDONESIA CILOK SEBAGAI CEMILAN SEHAT

Cara mudah membuat cilok sebagai cemilan sehat Khas resep masakan Indonesia beserta bumbu dan langkah-langkah pembuatannya.
RESEP MASAKAN INDONESIA CILOK SEBAGAI CEMILAN SEHAT  | Banyak para bunda kesulitan untuk mengurangi kebiasaan buah hati jajan di luar yang belum tentu sehat dan aman. Untuk mengurangi kebiasaan jajan memang diperlukan kreatifitas kita dalam menyajikan bekal makanan di sekolah. Membuat resep masakan sehat sendiri merupakan salah satu solusi agar buah hati mengurangi kebiasaan jajan di luar. Kendala yang sering dihadapi, buah hati kita kurang suka dengan makanan bekal yang kita berikan dan lebih memilih jajan di luar. Untuk menyiasatinya bunda dapat membuat resep masakan indonesia sehat dengan mengadopsi jajanan kesukaan buah hati anda misalnya buah hati anda suka dengan jajanan bakso, maka bekali dia dengan resep bakso ayam kenyal. Nah pada kesempatan kali ini resep Indonesia ingin memberikan resep masakan sehat untuk cemilan buah hati anda yaitu cilok sebagai cemilan sehat untuk bekal sekolah buah hati anda. Berikut ini cara membuat cemilan cilok sehat ala resep masakan Indonesia.
RESEP MASAKAN INDONESIA CILOK SEBAGAI CEMILAN SEHAT

Bahan yang diperluakan untuk membuat cilok yang sehat :

  • #400 gram tepung kanji
  • #10 sdm tepung terigu
  • #100 gram daging giling
  • #1 sdt penyedap rasa
  • #2 siung bawang putih, haluskan
  • #½ sdt merica bubuk
  • #2 btg daun seledri, diiris-iris
  • #2 btg daun bawang, diiris-iris
  • #500 ml air
  • #Garam secukupnya
  • #air untuk merebus

Cara Membuat Cemilan Cilok Sehat :

  1. Siapkan wadah lalu campurkan tepung kanji, tepung terigu, daging giling, irisan daun seledri dan daun bawang aduklah sampai merata.
  2. Masaklah air secukupnya sampai memdidih kemudian masukkan merica, bawang putih dan penyedap.
  3. Tuanglah sedikit demi sedikit air mendidih yang telah dimasukkan bumbu tadi (no.2) ke dalam wadah campuran tepung kanji, tepung terigu, irisan daun seledri dan daun bawang(no.1). Aduk rata sehingga menjadi adonan sampai kalis.
  4. Bentuklah adonan (no.3) bulat-bulat seperti cilok pada umumnya atau bisa sesuai selera buah hati anda.
  5. Masaklah air secukupnya untuk merebus sampai mendidih kemudian masukkan adonan yang telah dibulat-bulatkan tadi (no.4) masak hingga matang atau adonan mengambang di permukaan air mendidih.
  6. Angkatlah cilok yang sudah matang, tiriskan dan masukkan cilok ke dalam air matang dingin agar tidak menempel satu sama lainnya.
  7. Sajikan cemilan cilok sehat  sebagai bekal sekolah buah hati anda.
  8. Untuk sambal anda dapat memberikan saus sambal yang sehat dan terjamin atau anda dapat membuat resep sambal kacang khas Indonesia
Mudah sekali membuat cemilan cilok sehat untuk buah hati anda walaupun memakan waktu yang sedikit lama dalam penyajian dan persiapannya, anda dapat menyiasatinya dengan membuat adonan pada malam hari kemudian adonan yang yang telah anda bentuk dapat anda masak di pagi hari. Resep Masakan Indonesia juga menyajikan beberapa resep masakan Indonesia sehat lainnya seperti Resep Martabak Telor Enak yang dapat anda jadikan bekal sekolah buah hati anda.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.