15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Makanan Croissant Donut Lezat

 merupakan satu makanan yang sangat pas Anda sajikan di rumah Resep Makanan Croissant Donut Lezat

Resep Makanan Croissant Donut Lezat merupakan satu makanan yang sangat pas Anda sajikan di rumah. Apalagi pada momen senang di hari lebaran yang spesial. So, pastinya akan menjadi suasana yang menyenangkan hari lebarannya. Sekali terhidang di ruang tamu, bakal banyak yang pribadi menikmatinya. Bila hendak dijadikan sajian untuk program yang penting juga sanggup saja, kok. Rasanya yang khas enaknya tak dipungkiri menjadi faktor banyak orang menyukainya. Penasaran akhirnya kan? Kita buat sendiri saja klo begitu, tapi dicek dulu dong bagaimana cara bikinnya. Dah ditampilkan di bawah ini.

Bahan yang diharapkan ialah :

  • 60 gram gula pasir
  • 100 ml susu cair
  • 350 gram tepung terigu protein tinggi
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 ml air
  • 10 gram garam
  • 5 gram bread improver
  • 25 gram mentega asin, biarkan hingga lunak
  • 800 ml minyak goreng
  • 11 gram ragi instan (1 bungkus)
  • 250 gram mentega tawar, biarkan dalam . suhu ruang


Cara Membuat Roti Croissant Donut (Cronut) Lezat Khas Idulfitri :

  1. Pertama, ayaklah seluruh terigu dan bread improver jadi satu. Lalu tambahkanlah mentega, gula pasir, dan garam. Aduk rata dan sisihkanlah.
  2. Lalu air dan susu cair dicampur. Rebuslah sembari diaduk hingga hangat, angkatlah. Tambahkanlah pula ragi instan, aduk dengan rata.
  3. Biarkanlah dalam waktu lebih kurang menit,sampai berbuih. Tuanglah ke dalam adonan tepung terigu bertahap sembari diuleni hingga rata betul.
  4. Kemudian bulatkan adonan, letakkan di dalam kom beroles minyak. Tutuplah menggunakan kain berair kemudian biarkan selama sekitar 45 menit hingga mengembang. Kempiskan adonan dan simpan dalam lemari pendingin selama sekitar 60 menit.
  5. Gilaslah mentega tawar hingga berbentuk persegi ukuran 20×20 cm. Sisihkanlah dan gilaslah adonan menggunakan rolling pin hingga berbentuk persegi ukuran 30×30 cm. 
  6. Taruhlah mentega di atas adonan dan bungkus mentega dengan adonan hingga ibarat amplop. Gilas lagi adonannya hingga bentuknya persegi panjang berukuran 50×20 cm.
  7. Selanjutnya, lipat adonan dengan lipatan single yakni melipat adonan sebelah kanan ke tengah serta yang sebelah kiri dilipat menutupi lipatan sebelah kanan sehingga terdapat tiga lapisan adonan. Lantas masukkanlah lagi ke dalam lemari pendingin dalam waktu 20 menit, ulangi proses ini hingga sebanyak 3 kali.
  8. Selanjutnya, gilas adonan hingga setebal sekitar 1 cm, potong menjadi tiga bagian. Tumpuk adonan dan gilaslah sedikit supaya menempel. Cetak dengan menggunakan cutter donat dengan diameternya 8 cm. Letakkanlah di dalam loyang, tutuplah dengan plastic wrap lantas biarkanlsh selama 1/2 jam.
  9. Sekarang, panasilah minyak dan gorenglah cronut sembari sesekali diputar hingga menjadi matang serta seluruh permukaan cronut menjadi kuning kecoklatan warnanya. Angkatlah, tiriskanlah.
  10. Cronut sudah siap diberi topping dan isilah sesuai kesukaan.
  11. Siap disajikan sekarang.

Dari bahan-bahan di atas akan dihasilkan cronut sejumlah 14 buah. Baiklah, kini kita siapkan dulu semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Tinggal ikut cara memproses membuatnya, walau agak panjang penjelasannya, tapi asyik lho dipraktekkan. Oke, selamat mencoba Resep Makanan Croissant Donut Lezat.