15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cilok Kenyal Dari Tepung Tapioka Dan Tepung Terigu

Cilok yaitu masakan khas yang berasal dari kawasan Jawa Barat yang terbuat dari tepung Tapioka dan sanggup juga dari Tepung Terigu. Cilok sanggup dinikmati memakai sambal, saus ataupun bumbu kacang. Cilok bentuknya bundar menyerupai bakso dan rasanya kenyal ketika dikonsumsi. Cilok banyak disukai anak anak dan orang sampaumur juga sangat menyukai Cilok. Dengan jajanan sederhana ini maka cukup gampang kita mendapatkannya. Terkadang Paklek Cilok juga lewat depan rumah.


Seperti sudah dijelaskan bahwa Cilok terbuat dari materi dasar Tepung Tapioka ditambah lagi dari beberapa materi lainnya menyerupai Daun Bawang, Daun Sop, Bawang Putih, Merica dan materi bahan lainnya. Cara membuatnya cukup gampang dan praktis sebab hanya melaksanakan beberapa tahapan mulai menciptakan adonan, membentuk menjadi bundar bulat dan terakhir merebusnya menyerupai menciptakan pentol bakso. Penasaran inggin menciptakan Cilok Bunda, yuk kita lihat caranya dibawah ini.

Resep CILOK kenyal dari Tepung Tapioka dan Tepung Terigu

Bahan materi :
Untuk 1 porsi
  • 150 gram tepung tapioka
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 batang daun bawang,iris halus
  • 2 batang daun sop/seledri,iris halus
  • 2 kaldu blok (saya pakai brand Indofood)
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 250 ml air

Cara menciptakan :
  1. Campur air, merica, bawang putih bubuk dan kaldu blok. Masak sampai mendidih dan Sambil menunggu mendidih campurkan teping terigu, tepung tapioka, irisan daun bawang dan seledri aduk rata. Setelah air mendidih, masukkan kedalam adonan tepung tadi. Aduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata.
  2. Taburi tangan dengan sedikit tepung tapioka, bentuk bundar kecil adonan cilok. Masak air rebusan sampai mendidih, kemudian masukkan cilok. Rebus sampai terapung dan angkan dan Kaprikornus deh Ciloknya.
  3. Untuk kuah, saya pakai kuah kacang sisa dari bumbu sate yang diberi air supaya agak encer dan untuk rasa pedasnya silahkan bunda sesuaikan saja lomboknya.

Nah itu yaitu cara menciptakan CILOK dari materi dasar Tepung tapioka dan Tepung Terigu yang rasanya kenyal. Cara di atas yaitu cara sederhana, bunda sanggup menyebarkan sendiri ukuran bumbu atau materi bahannya semoga lebih enak. Lakukan percobaan beberapa kali apabila bunda inggin menjual CILOK, bilaperlu setiap menciptakan berikan secara Gratis ke tetangga untuk mencicipi apakah rasanya sudah yummy atau belum. Dengan mengetahui kualitas CILOK maka bila dijual berbagai yang akan membeli. Selamat mencoba bunda, semoga berhasil.