15fUkKsZVT9yDgBv50vtln5Ad8Y63wPOAJoCaduz
Bookmark

Resep Cara Menciptakan Ketan Serundeng Khas Betawi

Menu Internasional - Selamat gini hari ya para pecinta kuliner, pokoknya kalau udah ngomongin soal masakan ga akan habis untuk dibahas. Apalagi jikalau yang dibahas ialah masakan Nusantara yang alamak, banyak banget deh jenisnya, jari orang se RT juga ga bakalan muat buat menghitungnya. Salah satu yang akan kita buat kali ini ialah resep ketan serundeng. Makanan apalagi ini? Eh jangan salah duga dulu ya, jangan lihat kuliner dari namanya, namanya yang sederhana sama seerhananya dengan tampilan kuliner tradisional ini. Namun jikalau sudah masuk lisan dan dirasakan dengan indra lidah yang sensitif, kuliner sederhana itu akan memperlihatkan kejutan rasa yang tiada bandingnya.

Membicarakan ketang serundeng mengingatkan pada kue tradisional yang berasal dari kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya yaitu camilan anggun lemper. Lemper terbuat dari ketang yang biasanya juga diisi dengan serundeng. Perbedaan antara lemper dan ketan serundeng adalah, jikalau lemper dibungkus dengan daun pisang, ketan serundeng tidak dibungkus, namun disajikan dengan taburan serundeng di atas lemper tersebut. Jika dilihat dari beberapa pendapat yang menyampaikan ihwal ketan serundeng, ketan serundeng ini berasal dari kawasan Betawi. Benar atau tidaknya keterangan itu aku sendiri kurang tahu. Yang niscaya dari kuliner tradisional ini ialah mempunyai cita rasa yang mantap.

Untuk menciptakan ketan serundeng yang nikmat memang tidak sulit. Namun untuk membuatnya anda harus sedikit sabar supaya kuliner yang anda buat benar-benar nikmat dan sesuai dengan selera anda. Sebagai kuliner tradisional kuliner ini masih terjaga kelestariannya di beberapa tempat, jadi jangan hingga kuliner sederhanan nan nikmat warisan dari leluhur ini hilang ditelan jaman ya. Nah bagi anda yang sudah kepingin untuk menciptakan kuliner yang nikmat dari materi ketan dan serundeng kelapa ini, silahkan anda simak resep ketan serundeng yang berikut ini.

 Selamat gini hari ya para pecinta masakan Resep Cara Membuat Ketan Serundeng Khas Betawi

Bahan-bahan :
  • 250 gram beras ketan
  • 100 ml santan kelapa
  • 1/2 sendok teh kunyit bubuk/parutan kunyit
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1/2 butir kelapa (kupas kulit arinya, parut halus dan sangrai hingga kecoklatan)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 buah cabe merah
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas (dimemarkan)

Cara membuatnya :
  1. Kukuslah ketan hingga setengah matang, sambil menunggu campurkan santan, bubuk kunyit dan daun jeruk, kemudian didihkan. Jika sudah mendidih, tuangkan air gabungan tersebut ke dalam kukusan ketan. Aduk-aduk gabungan tersebut kemudian lanjutkan mengukus hingga ketan matang, kemudian segera saja diangkat.
  2. Selanjutnya campurkan kelapa parut dengan bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian panaskan dengan memakai api kecil sambil diaduk-aduk hingga kering, tercium aroma harum dan berwarna kecoklatan, kemudian angkat.
  3. Siapkan ketan, boleh dibuat atau dicetak sesuai selera. Sajikan dengan taburn serundeng di atas ketan.

Nah sangat praktis sekali bukan menciptakan kuliner tradisional ini. Selain praktis resep di atas juga sanggup jadi 10 buah ketan serundeng. Tunggu apalagi segera saja anda buat kreasi anda. Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.